11:00 . Obat Alami JSR Atasi Kolesterol, Asam urat dan Darah Tinggi Sekaligus   |   10:00 . Lirik Lagu 'Sang Dewi' - Lyodra Feat Andi Rianto Trending di Youtube Musik Indonesia   |   09:00 . Cerita Sekeluarga Alumni Unair Raih Rekor Muri: Ini Bukan yang Istimewa   |   08:00 . 4 Sifat Wajib Rasul Allah, Patut Dijadikan Teladan Umat I Muslim   |   07:00 . Alasan Pemkab/Kota Harus Membentuk Satgas Patroli Pencemaran Air Bengawan Solo   |   06:00 . 3 Hal yang Sebaiknya Tak Dilakukan Saat Interview Kerja   |   05:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 13 Agustus 2022: Hujan Ringan di Beberapa Titik   |   19:00 . Tingkatkan Minat Baca Generasi Muda, Disperpusip Tuban Akan Fasilitasi Studio Podcast   |   18:00 . Lampu Motor Tidak Dinyalkan Siang Hari? Segini Denda yang Harus Dibayar   |   17:00 . Donor Darah Salah Satu Rangkaian Perayaan HUT RI ke 77 di Tuban   |   16:00 . Calok, Senjata Perang Khas Tuban Waktu Melawan Penjajah Tempo Dulu   |   15:00 . Meriahkan HUT RI ke 77, Pemkab Tuban Gelar Lomba Tradisional dari Sunggi Tampah hingga Rambat Sarung   |   14:00 . Bertajuk Tuban Specta Night, Karnaval Umum Kabupaten Tuban Akan Digelar Malam Hari   |   13:00 . Resep Keju Aroma, Jajanan Kekinian Cocok Untuk Ide Jualan dari Rumah   |   12:00 . Polres Tuban Tampilkan Kolosal Bumi Putera di Gebyar Malam Puncak Harmoni Nusantara 2022   |  
Sat, 13 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Nasib Ribuan CJH Tuban Belum Jelas

bloktuban.com | Tuesday, 23 March 2021 15:00

Nasib Ribuan CJH Tuban Belum Jelas

Reporter : Sri Wiyono

blokTuban.com – Sampai saat ini, nasib ribuan calon jamaah haji (CJH) di Kabupaten Tuban belum jelas. 

Mestinya tahun 2020 lalu memberangkatkan 1.298 CJH. Sedangkan untuk musim haji tahun 2021 ini berapa CJH yang akan berangkat belum dipastikan. Hanya pendaftar haji sejak Januari sampai Maret 2021 sudah tercatat 61 pendaftar.

‘’Pada 2018 memberangkatkan 878 jemaah, tahun 2019 sebanyak 928 jemaah dan tahun 2020 mestinya memberangkatkan 1.298 jemaah,’’ ujar Kepala Kemenag Tuban Sahid, Selasa (23/3/2021).

Dia menjelaskan, saat ini ribuan pendaftar masuk daftar tunggu. Pendaftar haji tahun 2019 sejumlah 4.995 pendaftar dan tahun 2020 sejumlah 4.076 pendaftar.

Berapa kuota CJH Indonesia yang akan berangkat tahun ini juga belum didapat. Pemerintah Arab Saudi belum menentukan jumlah kuota untuk negara Indonesia. Namun, persiapan pelaksanaan haji terus dilakukan.

Hal itu disampaikan Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, Nurul Huda saat berada di Tuban, Selasa (23/3/2021). Kemenag Jawa Timur bahkan sudah mempersiapkan beberapa dokumen pemberangkatan haji. 

"Persiapan yang sudah dilakukan antara lain paspor dan lembar merah sudah di scan. Melakukan vaksin miningitis, dan saat ini sebagian tengah divaksin Covid-19, ‘’ ujar Nurul Huda di tengah Pembinaan dan Pengukuhan Pengurus DPD FK KBIHU se wilayah kerja (wilker) Bojonegoro, di Kemenag Tuban.

Meski belum jelas kuotanya, namun persiapan itu dilakukan agar jika sewaktu-waktu kegiatan haji dibuka kembali, bisa langsung berangkat. 

"Tinggal menunggu waktu yang ditentukan Arab Saudi, sampai saat ini Saudi belum memberikan statemen," imbuh pria asal Pacitan ini.

Ia juga berpesan kepada seluruh Kelompok Bimbingan Haji dan Umrah (KBIHU) yang hadir setelah dikukuhkan diharapkan segera bekerja, memiliki terobosan dan guyup rukun. 

"Semua permasalahan yang ada bisa diselesaikan bersama," katanya.

Dia menambahkan, jika ibadah haji dilaksanakan yang menjadi permasalahan adalah mengenai protokol kesehatan di masa pandemi dan pembagian kuota.

"Untuk prokes sebelum tiba di sana dilaksanakan isoman terlebih dahulu, pelaksanaan dibatasi hanya selama 5 hari untuk setiap kloter," tegasnya.

Satu kamar diisi 1 orang atau boleh diisi 4 orang dengan empat kamar mandi. Lebih lanjut ia 

"Kita tidak tahu kapan covid akan berlalu, pemerintah Indonesia sedang menunggu dan siap melaksanakan perintah selanjutnya," tandasnya.

Selain pembinaan dan pengukuhan  juga diserahkan SK operasional KBIHU se wilker Bojonegoro. Selain Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, juga hadir Ketua Wilayah FK KBIHU Jatim, Kasi Bina Haji Reguler dan Advokasi Kanwil Kemenag Jatim Moh. Ersat.

Selain itu Kasi Penyelemggara Perjalanan Ibadah Umroh) dan  Penyelenggara Ibadah Haji Khusus (achsun Zain serta Kasi Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kabupaten Tuban, Lamongan, Bojonegoro dan beberapa Kasi di Kemenag Tuban.

Sementara Ketua Wilayah FK KBIHU Jatim, KH. Shofwan mengatakan KBIHU merupakan mitra Kementerian Agama. Oleh karena itu diharapkan dengan hadirnya FK KBIHU dapat membantu memberikan kontribusi positif dalam hal pembinaan, edukasi dan pengarahan kepada anggotanya. 

Sehingga mampu memberikan kepastian pelayanan terbaik kepada masyarakat, khususnya jemaah calon haji dan umrah. 

"Selain itu FK KBIHU harus bisa menjalin hubungan yang harmonis dengan Kasi PHU," harapnya.[ono]

 

Tag : haji, jmaahhaji, cjh, kuotahaji, kemenagtuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat