1.506 Orang Rebutkan 98 Lowongan Perangkat Desa

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Minat masyarakat Kabupaten Tuban untuk menjadi aparatur perangkat desa masih terbilang tinggi. 

Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah peserta yang akan mengikuti pelaksanaan tes perangkat desa yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban, pada Rabu (24/3/2021) besok.

Berdasarkan data yang dihimpun blokTuban.com dari Kantor Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Berencana (Dispemas-KB) Kabupaten Tuban. 

Jumlah peserta yang telah mendaftar dan akan mengikuti pelaksanaan tes perangkat desa berjumlah sebanyak 1.506 orang, dengan total jumlah lowongan hanya 98 perangkat.

"Jumlah pendaftar tercatat sebanyak 1.506 orang dengan jumlah lowongan 98," terang Kasi Peningkatan Kapasitas Aparat dan Lembaga Pemerintahan Desa, Suhut ketika dikonfirmasi, Senin (22/3/2021).

Suhud menjelaskan, pelaksanaan tes perangkat desa yang akan diselenggarakan di masing-masing kantor kecamatan tersebut diikuti sebanyak 80 desa yang tersebar di Kabupaten Tuban. "Ada 80 desa yang akan mengikuti tes perangkat desa," imbuh Suhud.

Sementara itu, saat disinggung terkait persiapan tes perangkat desa ditengah pandemi Covid-19. Dia mengaku pelaksanaan telah disiapkan dengan matang.

Mulai dari soal, tempat hingga penerapan Protokol Kesehatan (Prokes) saat tes. Bahkan, hingga saat ini peserta masih ada yang melangsungkan pelakanaan tes Swab dan Screening Kesehatan.[hud/col]