19:00 . Peringati Maulid Nabi Muhammad, TPQ Al-Ma’ruf Adakan Pawai Bersama   |   18:00 . Overkapasitas Tak Halangi Lapas Tuban Terima 20 Napi Pindahan Asal Mojokerto   |   17:00 . Industri Kilang Berpotensi Ubah Alur Tangkap Ikan Nelayan, Ini Saran Pakar   |   16:00 . Lahan Kosong Disulap Jadi Tempat Bisnis Nursery   |   15:00 . Es Puter Legendaris, Kuliner Jadul Asal Klaten   |   14:00 . Sarasehan HSN di Bongok, Begini Pesan Bupati Tuban Untuk Para Santri   |   13:00 . Bupati Tuban Apresiasi Penanaman Pohon Kopi di Kawasan Hutan Lindung Bongok Jetak   |   12:00 . Songsong HJT ke-728, Unirow Gelar Diskusi Permasalahan Pesisir Tuban   |   11:00 . Hadapi Tantangan Digital, Ansor Jatim Gembleng Kader Melalui Madrasah Cyber Jilid Dua   |   10:00 . Wajib Coba! Dimsum Mr. San Tawarkan 19 Macam Menu   |   09:00 . Ini Bedanya Tomat Jenis Corona dan Servo   |   08:00 . Begini Peran Santri dalam Pembentukan NKRI   |   07:00 . Cara Minimalisir Anak Kecanduan Gawai, Psikolog: Beri Anak Pilihan Kegiatan   |   20:00 . Punya Ikan Hias dan Sering Mati? Ini Solusinya!   |   19:00 . Menang 1-0 Saat Uji Coba Lawan Bojonegoro FC, Pelatih Bumi Wali FC Akui Puas   |  
Sun, 24 October 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Lebih Mudah, Uji KIR di Tuban Cukup dari Smartphone

bloktuban.com | Sunday, 21 March 2021 08:00

Lebih Mudah, Uji KIR di Tuban Cukup dari Smartphone

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Ada cara lebih mudah untuk melakukan proses pendaftaran uji KIR di Kabupaten Tuban, karena sudah bisa dilakukan secara daring (online), Minggu (21/3/2021).

Warga bisa mendaftar menggunakan smartphone melalui aplikasi browser dengan mengunjungi alamat https://ujikir-dishub.tubankab.go.id/. Sistem ini mulai berlaku Februari 2021.

"Program ini memang diciptakan untuk mengurangi antrian yang panjang dan berebut nomor antrian sekaligus memutus mata rantai penyebaran Covid-19 serta mendukung implementasi TP2DD (Tim Percepatan dan Perluasan Digitalisasi Daerah) di Kabupaten Tuban," ujar Plt. Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban Gunadi.

Inovasi ini, lanjut Gunadi juga sebagai salah satu syarat untuk UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor mendapat akreditasi A. Pada tahun ini Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban telah mendapatkan akreditasi A.

Dalam prosesnya, pemohon dapat memasukkan nomor uji kendaraan ke dalam form yang ada pada alamat pendaftaran uji KIR online. 

Secara otomatis sistem akan mengecek data kendaraan yang telah tercatat dalam database Pengujian Kendaraan Bermotor Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban.

Dari data nomor kendaraan itu nantinya akan muncul nomor uji, nomor kendaraan, nama pemilik dan alamat yang sudah terdaftar di database Pengujian Kendaraan Bermotor Kabupaten Tuban.

"Jika nomor uji tidak ditemukan, maka akan terdeteksi sistem sehingga proses pendaftaran tidak dapat dilanjutkan," imbuh mantan pejabat Disdukcapil Tuban itu.

Pemohon juga dapat memilih tanggal janji uji (hari kerja) untuk melakukan uji KIR. Setelah itu, pemohon dapat memilih tipe pembayaran yang tersedia, yakni pembayaran secara tunai maupun melalui mobile banking.

Untuk pembayaran retribusi uji KIR, Pemerintah Kabupaten Tuban bekerjasama dengan Bank Jatim Cabang Tuban dengan menerapkan sistem pembayaran secara non tunai melalui QRIS yang telah dilaunching pada 20 Maret 2021.

Proses pendaftaraan dilanjut dengan mencentang poin persyaratan uji berkala yang telah disiapkan oleh pemohon dan mencentang poin syarat dan ketentuan yang berlaku. 

Setelah itu dapat dilanjutkan dengan klik tombol proses, maka akan muncul kode unik (QR Code) nomor antrian dan pembayaran retribusi.

Pemohon dapat melakukan screenshoot untuk menyimpan kode unik tersebut dan melakukan scan QR Code pembayaran dengan QRIS pada aplikasi mobile banking Bank Jatim.

Lebih dari itu, pemohon dapat langsung datang ke UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor sesuai tanggal janji uji yang dipilih untuk dilakukan pengujian kendaraan bermotor dengan menunjukkan screenshoot QR Code nomor antrian dan pembayaran retribusi yang telah disimpan.

Usai kendaraan diperiksa, UPTD Pengujian Kendaraan Bermotor akan menerbitkan bukti lulus uji jika pemohon dinyatakan lulus uji atau surat keterangan tidak lulus uji jika tidak lulus uji dan pemohon diminta untuk melakukan perbaikan untuk dilakukan pengujian ulang.

Sekedar diketahui, manfaat program ini pemohon bisa memilih waktu, dan tidak kehilangan rejeki untuk tetap beraktifitas. 

Kami harapkan masyarakat memanfaatkan dan ini masih proses transisi, tidak semua harus online jadi manual masih kami layani. Kemudian pembayaran non tunai pakai QRIS statis di Kantor dan dinamis melalui mobile banking. [ali/ono]

 

Tag : ujikir, lewatsmartphone, dishub



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more