19:00 . Angka Stunting Tuban 21,5 Persen, Dinkes Minta Persalinan Ditangani Nakes   |   18:00 . Cegah Tipikor, Kejari Tuban Minta Masyarakat Tak Ragu Lapor   |   17:00 . Jangan Sepelekan Campak, Dampaknya Sebabkan Diare Berat hingga Kematian   |   16:00 . Trailer Film Malaysia Genre Horor - 'PULAU' Siapa Pergi Dia Mati   |   15:00 . Jadwal Tayang Bioskop NSC Tuban 27 Januari 2023: Ada 6 Film Pilihan untuk Kamu   |   14:00 . Hujan Petir Masih Berpotensi Guyur Tuban, Lamongan, dan Bojonegoro Hari Ini   |   13:00 . Unik !! Pohon Pisang di Plumpang Kabupaten Tuban Bercabang dan Berbuah 2 Tandan   |   12:00 . Update Sembako Tuban 27 Januari 2023: Cabai Biasa Turun Rp10.000, Telur Ayam Rp2.000/Kilogram   |   11:00 . Kasus Gizi Buruk Anak di Tuban Turun, Angkanya 21,5 % Level Nasional dan 19,2 % di Jatim   |   10:00 . Harga Emas Antam Hari ini 27 Januari 2023 Turun Rp5.000 Per Gram, Sejumlah Stock Kosong   |   09:00 . Desi Astutik Pendamping Produk Halal yang Getol Dampingi Pelaku UMKM   |   08:00 . Cara Rasulullah Berdzikir, Tanpa Alat Hanya Menggunakan Jari   |   07:00 . Resep Bolu Gulung Keju DEBM, Tanpa Menambahkan Tepung   |   20:00 . Miniatur Mobil Jadikan Pemuda Tuban Jutawan, Produknya Tembus Berbagai Kota   |   19:00 . 3.923 Anak di Tuban Putus Sekolah, Salah Satu Pemicunya Menikah Usia Dini   |  
Fri, 27 January 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tim Penulis Buku Tuban Bumi Wali Serahkan Hasil Karyanya ke Bupati

bloktuban.com | Thursday, 11 March 2021 08:00

Tim Penulis Buku Tuban Bumi Wali Serahkan Hasil Karyanya ke Bupati

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Setelah melakukan penelitian selama 3 bulan lebih, buku Tuban Bumi Wali The Spirit of Harmoni yang ditulis oleh tim dari Fakultas Dakwah UIN Sunan Ampel (UINSA) Surabaya bekerjasama dengan Pemkab Tuban rampung. 

Tim UINSA melakukan presentasi dihadapan Bupati Tuban Fathul Huda, Wakil Bupati Tuban Noor Nahar Hussain, beserta pejabat di lingkungan pemkab Tuban di Pendopo Pringgitan Komplek Rumah Dinas Bupati, Rabu (10/03/2021)

Dalam isi buku, menjelaskan 73 wali yang berhasil dilacak dari 193 wali dalam penelitian yang dilakukan selama 3 bulan. Selaian itu juga menjelaskan penyebaran agama islam di Kabupaten Tuban yang sama tuanya dengan di Gresik.

Bupati bercerita tentang kerja sama antara Pemkab Tuban dengan universitas di Indonesia. Dari semua kerja sama yang dilakukan kebanyakan hanya formalitas saja atau tidak memiliki hasil untuk kemajuan Kabupaten Tuban, akan tetapi kali ini berbeda. 

“Saya bertanya apa esensi kerjasama antara fakultas atau universitas dengan pemkab, selama saya menjabat itu semua kebanyakan formalitas” ujar Bupati Huda.

Bupati dua periode ini juga menjelaskan, bahwa buku Tuban Bumi Wali The spirit of harmony yang merupakan filosofis ajaran para wali sesuai dengan kultur yang ada. 

“Saya minta pada dunia pendidikan, supaya dari buku ini bukan hanya kita belajar sejarah namun kita dapat belajar nilai-nilai para wali yang harus kita kerjasamakan,” tuturnya

Pada kesempatan itu, Bupati Huda juga berharap agar buku ini dapat dikembangkan lagi walapun ia tidak menjabat lagi.

Sementara itu, Ketua Tim Penulis Prof Nur  Syam mengatakan, draf buku yang secara simbolis diberikan kepada Bupati Tuban sebagai tanda buku tersebut telah rampung. 

"Tim membutuhkan waktu 3 setengah bulan untuk melakukan riset. Bahkan saya juga meminta waktu 1 minggu untuk melakukan perbaikan berdasarkan masukan dari bedah buku yang dilakukan sebelumnya," ungkapnya.

Lebih lanjut, Prof. Nur Syam juga menyampaikan rasa terimaksih atas kerjasama dengan tim. Serta menyampaikan bahwa agama islam Kabupaten Tuban sama tuanya dengan agama islam di Kabupaten Gresik.

"Alhamdulillah dengan dibantu oleh semua pihak, diharapkan buku Tuban Bumi Wali the spirit of harmoni siap untuk di cetak. Saya sebenarnya sangat berani menyampaikan bahwa islam di Tuban setua dengan islam di Gresik, namun sayangnya artefak tidak memenuhi” katanya. 

"Semoga lanjutan penelitian ini menemukan atau meyakini bahwa islam di tuban sama dengan islam di Gresik” harapnya

Hadir pada kesempatan itu Plt Kepala Diskominfo Tuban, Kepala Dinas Pariwisata, Kabag Umum dan Komunikasi Pimpinan, Kabag Kesra, perwakilan dari Bappeda Tuban, serta Dekan Fakultas Dakwah UINSA dan juga Rektor IAINU Tuban.[ali/ono]

 

 

Tag : bukutubanbumiwali, uinsa, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat