TPPI Serahkan 5.000 Masker, Desinfektan dan Hand Sanitizer ke Kodim 0811

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - PT. Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban pada akhir bulan Februari lalu telah menyerahkan 5.000 masker, desinfektan dan hand sanitizer ke Kodim 0811 Tuban.

Dukungan TPPI ini dalam rangka menyukseskan program penerapan disiplin dan penegakan hukum protokol kesehatan. Sekaligus sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19 di Kabupaten Tuban tahun 2021.

"Ini menjadi komitmen perusahaan mengurangi penyebaran Covid-19 di Tuban. Masker sendiri menjadi salah satu Alat Pelindung Diri (APD) yang efektif, untuk menekan laju penyebaran virus," tutur PR & CSR Section Head PT. TPPI, Taheran Sidik Prabowo ST. MM, Selasa (2/3/2021).

Dalam programnya, TPPI selalu bersinergi dengan program Pemerintah Kabupaten Tuban dalam rangka menanggulangi penyebaran virus Corona di Kabupaten Tuban. Sekaligus dampak yang ditimbulkan oleh covid itu sendiri.

Langkah nyata yang telah TPPI lakukan, lanjut Taheran yaitu terlibat langsung dalam program penyemprotan desinfektan pemerintah daerah dengan mengirimkan satu armada pemadam kebakaran. TPPI juga menyalurkan 15.000 paket Sembako untuk warga yang terdampak secara ekonomi dari pandemi.

Untuk mempercepat penanganan pasien Corona, di tahun 2020 perusahaan juga memberikan bantuan tujuh buah alat ventilator kepada gugus tugas Kabupaten Tuban. Sekaligus diserahkan langsung kepada direktur rumah sakit rujukan dan penyangga pasien corona.

"Meski saat ini proses vaksinasi berlangsung, tapi penggunaan masker sangat penting. Diharapkan ribuan masker bantuan TPPI ini bisa mengurangi resiko warga terpapar virus," imbuhnya.

Lebih dari itu, TPPI secara intens melakukan upaya secara internal maupun external perusahaan bersama-sama tim Gugus Pengendalian Covid-19 di tingkat desa, kecamatan hingga kabupaten.

Berupa program penyemprotan desinfectant secara rutin setiap minggu, pemasangan hand sanitizer di 150 titik fasilitas umum, ibadah dan sekolah serta himbauan-himbauan sesuai protokol kesehatan.

Peta sebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban per tanggal 1 Maret 2021, tercatat 3225 kasus terkonfirmasi positif corona. Rata-rata harian ada dua kasus. Jumlah pasien yang sembuh ada 2734 orang, 144 pasien masih dirawat dan 347 orang meninggal dunia.

Pria asli Tuban ini juga sedikit menyinggung rencana bisnis TPPI ke depan. Proyek pembangunan lima tangki sudah berjalan dan saat ini sedang mempersiapkan revamping project dan Olefin Project.

Proyek revamping TPPI akan berperan penting menjadi basis industri petrokimia yang memasok bahan baku olefin dan aromatik. Rencana tersebut sejalan dengan program substitusi impor yang dicanangkan pemerintah, sehingga secara signifikan dapat mengurangi impor bahan baku kimia dan defisit transaksi berjalan Indonesia.

Proyek revamping TPPI akan dilaksanakan pada awal 2022 bersamaan dengan pelaksanaan turn around, sehingga pada kuartal I-2022 diharapkan kilang sudah dapat beroperasi secara penuh.

Sedangkan TPPI Olefin Complex akan menggunakan lahan milik PT. TPPI dengan luasan 100-120 hektar. Proses EPC proyek ini ditargetkan pada Desember 2021-Maret 2024. Saat ini masih dalam proses pematangan Engineering Plan dan setelah proses EPC ditargetkan bisa berproduksi mulai April 2024.

Tujuan pembangunan TPPI olefin Complex untuk mewujudkan kemandirian ekonomi dengan menggerakkan sektor strategis ekonomi domestik. Tidak menutup kemungkinan melahirkan industri-industri hilir yang akan membangun pabrik disekitar kawasan TPPI. [ali/mu]