Kemenag Tuban Peringati HAB Ke-75 dengan Sederhana

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Hari Amal Bakti (HAB) Kementerian Agama ke-75 pada tahun 2021 di Kabupaten Tuban, diperingati dengan sederhana. Kendati begitu tak sedikit pun mengurangi khidmad pelaksanaan.

Kakankemenag Tuban yang bertindak sebagai inspektur upacara, serta diikuti oleh peserta yang sangat terbatas, yakni sekitar 30 orang dengan menerapkan protokol kesehatan hadir dalam acara dengab tema "Indonesia Rukun".

Tema tersebut sejalan dengan semangat Nasional yang menempatkan kerukunan umat beragama sebagai salah satu modal bangsa Indonesia untuk maju. Tanpa kerukunan, akan sukar menggapai cita-cita besar bangsag agar sejajar dengan bangsa lain di dunia.

Pasca membacakan amanat tertulis Menteri Agama, Gus Yaqut Cholil Qoumas, Kakankemenag Tuban, Sahid menyampaikan tentang semangat Kementerian Agama baru dan semangat baru dalam mengelola Kementerian Agama.

Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk didalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan serta pusat pelayanan keagamaan. Kedua, penguatan moderasi beragama, salah satu budaya toleransi dan nilai-nilai kebangsaan.

"Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan," paparnya.

Usai membacakan sambutan, Kakankemenag Tuban mengucapkan terimakasih dan penghargaan kepada semua ASN. Pelaksanaan upacara Peringatan HAB Kemenag tahun ini berbeda dengan tahun sebelumnya.

"Pertama dilaksanakan secara terbatas  karena pandemi yang masih berlangsung, kedua dilaksanakan tanggal 5 Januari, dari yang semestinya diperingati tanggal 3 Januari," jelasnya lagi.

Dalam kesempatan itu juga diberikan penghargaan kepada 45 ASN penerima Satya Lencana, masa kerja 30 tahun yang diwakili oleh Rohmat Basuki dari Staff PHU, masa kerja 20 tahun diwakili oleh Kasi PHU, Umi Kulsum dan masa kerja 10 tahun diwakili oleh Muawanah guru dari MI Rengel.

Selain itu diberikan penghargaan kepada Abdul A'la, sebagai juara 3 Lomba Penyuluh Agama Islam Honorer Teladan tingkat Jatim, Moh, Reza Habibi, dari MA Ashomadiyah Tuban, sebagai Juara 1 Lomba Kepala Madrasah Berprestasi tingkat Kabupaten Tuban, Siti Fatimah sebagai juara 1 Lomba Guru Berprestasi dari MTs Islamiyah Banat Senori, Sukoco, sebagai Juara 1 Lomba Pembacaan Teks Proklamasi Kemerdekaan Indonesia tingkat Kabupaten Tuban dari MTs N 2 Rengel dan Husni sebagai Juara 1 Lomba Video Pembelajaran tingkat Kabupaten Tuban dari MTs Falahiyah Singgahan.

Kakanmenag Tuban bersyukur, sebab di tengah pandemi ASN Kemenag tetap melakukan inovasi.  Setelah pelaksanaan upacara dilaksanakan Khotmil Qur'an dan istighosah sebagai bentuk rasa syukur atas terselenggaranya peringatan HAB dan memohon kepada Allah supaya pandemi segera berlalu. [feb/col]