20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |   12:00 . Lepas Sambut Dandim 0811 Tuban, Bupati Halindra Ungkap Kenangan Manis Bersama Viliala Romadhon   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |   19:00 . Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog   |   18:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   15:00 . Babak Pertama, Persatu Tertinggal 1-0 dari Persewangi   |   14:00 . Momen HDI, Bupati Tuban Halindra Kabarkan Perkembangan Raperda Difabel   |   13:00 . PPKM Level 3 se-Indonesia Batal, Disiplin Prokes di Pasar Tradisional Tuban Digalakkan Lagi   |   12:00 . Masyarakat Tuban Mulai Antusias dan Tak Takut Ikut Vaksin   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Permintaan Plasma Tinggi, PMI Tuban Baru Terima 3 Pendonor

bloktuban.com | Sunday, 03 January 2021 17:00

Permintaan Plasma Tinggi, PMI Tuban Baru Terima 3 Pendonor

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kesadaran penyintas Covid-19 di Kabupaten Tuban untuk mendonorkan plasma konvalesennya patut diapresiasi. Plasma tersebut sangat ditunggu oleh Rumah Sakit (RS) untuk terapi kesembuah pasien Corona yang masih dalam perawatan.

"Sampai dengan Sabtu, 02 Januari 2020 untuk pendonor plasma konvalesen yang sudah diambil ada 3 pendonor," ucap Humas Palang Merah Indonesia (PMI) Tuban, Sarju Efendi kepada blokTuban.com, Minggu (3/1/2021).

Khoirul Afandi (31) adalah pendonor plasma konvalesen pertama di PMI Kabupaten Tuban. Penyintas Covid-19 warga Dusun Cumpleng, Desa Brengkok, Kecamatan Brondong, Kabupaten Lamongan ini donor di PMI Tuban pada Senin (28/12/2020) pukul 19.00 WIB.

Pendonor kedua diambil tanggal 31 Desember 2020 atau bertepatan dengan malam tahun baru. Dia adalah Peltu Ali Efendi dari Kesatuan Kodim 0811 Tuban. Pendonor plasma kali ini beralamat Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding dan memiliki golongan darah O rhesus positif.

"Ia sangat antusias untuk donor plasma dan berniat bisa menyumbangkan 6 kali plasmanya dan siap datang ke PMI setiap 14 hari sekali," imbuhnya.

Pendonor ketiga bernama Naim Kambali usia 29 tahun. Pria beralamat Plumpang sehari-hari bekerja sebagai staf karyawan RSNU dengan golongan Darah B. Plasma milik Naik langsung diminta pasien RSUD Koesma dan telah diiambil kemarin pada 1 Januari 2021.

Tiga plasma setelah diambil langsung diambil pasien yang sedang membutuhkan, baik RS dalam Kabupaten Tuban maupun luar Tuban dan saat ini stoknya kosong lagi.

Sarju memotivasi untuk penyintas Covid-19 agar para penyintas Covid19 laki-laki khususnya yang sekiranya memenuhi syarat untuk menjadi pendonor plasma agar terketuk hatinya untuk bisa meluangkan sedikit waktunya untuk berdonor plasma.

"Plasma tersebut berguna untuk membantu saudara kita yang sedang berjuang melawan Covid-19 di ruang isolasi," tambahnya.

Saat ini jumlah permintaan yang sudah antre di PMI sangat banyak, sedangkan untuk calon pendonor plasma sangat sulit ditemui. Mohon bantuannya donor plasmanya untuk para penyintas.

Untuk proses pengambilan plasma konvalesen menggunakan sistem Apheresis dengan mesin Haemonetic. Adapun sistemnya adalah pengambilan darah dari lengan pendonor, masuk ke dalam Alat tersebut dengan sistem Centrifugasi atau pemutaran cepat untuk memisahkan komponen darah. 

Setelah didapatkan plasma akan masuk kedalam Kantong yang sudah disediakan. Sedangkan komponen Lain, seperti sel darah merah kembali ke dalam tubuh pendonor tersebut. 

“Untuk semua proses tersebut membutuhkan waktu sekitar kurang lebih satu jam, dengan standar pengambilan plasma konvalesen maksimal 15% dari total berat badan si pendonor,” tutup Sarju Efendi. [ali/ito]
 

 

Tag : update, covid, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more