Jl. Sunan kalijogo Gang Latsari 1 No. 26 Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pilkada Tuban 2020

Pemerhati Politik: 3 Kunci Lindra-Riyadi Mendulang Suara Pilkada

bloktuban.com | Thursday, 10 December 2020 16:00

Pemerhati Politik: 3 Kunci Lindra-Riyadi Mendulang Suara Pilkada

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pemilukada di Kabupaten Tuban telah selesai digelar pada Rabu, 9 Desember 2020. Ada tiga pasangan calon yang bertarung yaitu Khozanah-Anwar (Aman), Lindra-Riyadi (DaDi), dan Setiajit-Armaya (SetiaNegara).

Hasil resmi siapa pemenang Pilkada Tuban 2020 belum diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tuban. Kendati demikian, pemerhati politik Tuban, Fauzin mengomentari versi hitung cepat yang mengunggulkan Lindra-Riyadi sebagai pemenang Pilkada.

Ada tiga kunci yang diungkap Fauzin bagaimana paslon yang diusung partai Golkar, Demokrat, dan PKS dengan 15 kursi di DPRD mendulang suara. Yakni solidnya mesin partai, loyalnya relawan, dan pengaruh Haeny Relawati sebagai mantan Bupati Tuban dua periode.

"Di Pilkada Tuban 2020 kekuatan partai politik pengusung tidak tercermin dari hasil perolehan suara paslon. Kondisi ini menjadi indikasi bisa jadi karena mesin partai tidak jalan atau piliham masyarakat Tuban tidak sama dengan pilihan partai politiknya. Bahkan masyarakat tidak bisa didekte oleh partai politik," ucap Fauzin yang juga dosen Universitas Trunojoyo, Kamis (10/12/2020).

Pria asal Tuban menambahkan, kondisi tersebut membuat pasangan yang ingin mendapat suara maksimal tidak bergantung partai tapi harus memiliki relawan sebagai wadah lain di luar struktur partai.

Untuk suara Paslon 02, Fauzin juga membeberkan pengaruh ibu Lindra yaitu Haeny Relawati. Secara tidak langsung masyarakat melihat dan mengingat dengan seksama, bagaimana tinggalan era mantan Bupati perempuan dua periode itu.

Jasa-jasa pembangunan salah satunya di bidang infrastukrur juga mendapat pengakuan dari masyarakat. Ini menjadi kekuatan bagi putra Haeny untuk meneruskan, bahkan bisa menjadi lebih baik lagi.

"Jika ingin sukses dalam pemerintahan ke depan Lindra-Riyadi harus bisa merangkul DPRD yang jadi mitra kerja serta dukungan dari masyarakat. Partai pengusung Lindra-Riyadi bukan dominan di DPRD, sehingga komunikasi kunci utamanya," imbuhnya.

Diberitakan sebelumnya, hasil dari pusat tabulasi penghitungan suara yang dibuat Tim Lindra-Riyadi hingga pukul 18.30 WIB pada 9 Desember 2020 menunjukkan kemenangan Paslon 02 sebanyak 60 persen.

"Suara sah paslon 02 sebanyak 98,21 persen mendapatkan perosentase suara 60 persen, dan Insyaallah memenangkan Pilkada Tuban 2020," kata Didik Mukrianto (DM) dalam konferensi pers area kediaman Cawabup Riyadi.

Data tersebut mempresentasikan harapan dan hadirnya Bupati serta Wakil Bupati yang benar-benar sesuai aspirasi. Warga masyarakat berharap mendapatkan pemimpin yang mampu memajukan daerahnya, termasuk mennyejahterakan masyarakat dalam balutan pembangunan yang berkeadilan di Kabupaten Tuban. [ali/ito]

Tag : pilkada, tuban, cabup, cawabup, politik

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini