07:00 . Inilah Manfaat Minum Air Putih setelah Bangun Tidur   |   17:00 . Pemkab Tuban Bakal Evaluasi Bansos Lebih Tepat Sasaran   |   16:00 . Jembatan Glendeng Masih Proses Anggaran Lagi?   |   15:00 . Bakpao Buatan Napi Lapas Menggugah Selera   |   14:00 . Tak Terdampak Covid-19, Anak-anak Alihkan BST ke Warga Kurang Mampu   |   07:00 . Awas, Ini Lima Risiko Penyakit Jika Pakai Lipstik Setiap Hari   |   17:00 . Curi Motor di Tuban, Dua Penadah Asal Banyuwangi Dibekuk Polisi   |   16:00 . Tumpukan Ban Bekas Terbakar, Nyaris Merembet ke Bengkel   |   15:00 . Predikat KLA Tuban Naik Jadi Tingkat Madya   |   12:00 . Banyak Warga Miskin Tak Dapat Bansos   |   08:00 . Bigini Landskap Media Digital di Indonesia Versi AMSI   |   07:00 . Lebih Baik Minum Air Panas saat Cuaca Panas, Ini Sebabnya!   |   18:00 . Gandeng Mahasiswa, Kapolres Tuban Bagikan Bansos Kepada Warga Terdampak Covid-19   |   17:00 . Warga Merakurak Meninggal Usai Pesta Miras di Jenu   |   16:00 . Simak Jadwal Dispensasi Perpanjang SIM Yang Habis Masa Berlakunya Saat PPKM   |  
Sun, 01 August 2021
Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

SIG Pabrik Tuban Komitmen Wujudkan Reklamasi Lahan Pasca Tambang Berwawasan Lingkungan

bloktuban.com | Tuesday, 08 December 2020 21:00

SIG Pabrik Tuban Komitmen Wujudkan Reklamasi Lahan Pasca Tambang Berwawasan Lingkungan

Reporter: Khoirul Huda
 
blokTuban.com - PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) Pabrik Tuban berkomitmen penuh dalam melaksanakan reklamasi guna mendukung industri yang berwawasan lingkungan. Tercatat reklamasi yang telah direalisasikan pada lahan pasca tambang batu kapur/batu gamping seluas 104,41 Hektar (di Petak 34 & 35) dari total 532,30 Ha yang merupakan lokasi Izin Pinjam Pakai Kawasan Hutan (IPPKH). 
 
"Pelaksanaan reklamasi dilakukan sesuai dengan Peraturan Menteri Kehutanan  RI No. 4 Tahun 2011 tentang Pedoman Reklamasi Hutan yang menjadi acuan bagi pelaksana kegiatan penambangan dalam melakukan kegiatan reklamasi hutan pada area bekas penggunaan kawasan hutan," kata GM of Mining Raw Material PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Suharyanto ketika menerima kunjungan Perhutani KPH Tuban terkait reklamasi lahan pasca tambang, Selasa (8/12/2020).
 
Dijelaskan Suharyanto, penanaman dan perawatan pohon dalam kawasan hutan merupakan bentuk tanggung jawab perusahaan untuk mengembalikan fungsi lahan bekas penambangan batu kapur menjadi hutan kembali, sehingga dapat memberikan nilai manfaat secara sosial, ekonomi, dan ekologi bagi lingkungan sekitar. 
 
"Kami juga berpartisipasi dalam percepatan pelaksanaan program penghutanan kembali (reforestation) pada wilayah kerja Perum Perhutani KPH Tuban Divisi Regional Jawa Timur dengan tanpa mengubah status dan fungsi hutan," jelasnya.
 
Lebih lanjut, dalam pelaksanaan reklamasi, SIG bekerja sama dengan Perhutani mengingat lembaga itu merupakan Perusahaan Umum (PERUM) yang bergerak dalam bidang kehutanan dan memiliki tenaga ahli yang kompeten. Pelaksanaan reklamasi ini juga melibatkan warga sekitar tambang sebagai bentuk kepedulian Perseroan terhadap warga sekitar tambang. 
 
"Kita telah empat kali bekerja sama dengan Perhutani dalam penanaman dan perawatan pohon di lokasi IPPKH, yaitu pada tahun 2010, 2014, 2016 dan 2018 dengan total luasan adalah 47,10 Ha, untuk Tahun 2016  kerjasama penanaman dan perawatan pohon sebagai bentuk sinergi BUMN," imbuhnya.
 
Selanjutnya dia menerangkan, kerjasama penanaman dan perawatan pohon pada tahun 2010 dilakukan pada area seluas 23 Ha dengan jumlah pohon ditanam sebanyak 42.918 batang terdiri dari pohon Jati dan Rimba Campur, sedangkan di tahun 2014 meliputi area seluas 7,66 Ha dengan jumlah pohon ditanam sebanyak 14.444 pohon.
 
Di tahun 2016, kegiatan reklamasi dilakukan pada area pasca tambang batu kapur seluas 8 Ha yang merupakan Lokasi IPPKH dengan proporsi tanaman pokok adalah 60 % jenis jati dan 40% jenis rimba campur dengan jumlah pohon ditanam sebanyak 14.100 pohon, kemudian pada tahun 2018, perusahaan kembali melanjutkan kegiatan reklamasi di area seluas 8,44 Ha dengan 
 
"Sinergi dua entitas diharapkan dapat terus memacu pelaksanaan reklamasi untuk menghutankan kembali (reforestation) lahan pasca tambang lokasi IPPKH. Hingga saat ini total seluas 104,41 ha yang dalam kondisi sudah selesai reklamasi dan dinyatakan sudah layak," pungkas Suharyanto.
 
Sementara itu, ADM Perhutani KPH Tuban Tulus Budiyadi pada kesempatan itu menyampaikan, dalam kegiatan reklamasi guna mendukung industri yang berwawasan lingkungan, PT. Semen Indonesia (Persero) Tbk dan Perhutani selalu bersinergi.
 
Adapun pada kegiatan reklamasi pada tahun 2010 lalu proporsi tanaman pohon jati sebanyak 80 persen, sedangkan tanaman pohon rimba sebanyak 20 persen. Lalu ditahun 2016 proporsinya dirubah menjadi tanaman jati 60 persen dan rimbanya 40 persen, hal itu dikarenakan iklim kering di wilayah Tuban.
 
"Di wilayah Tuban iklimnya kering, sedangkan saat musim kemarau tanaman jati ini kering sehingga kita membutuhkan tanaman evergreen yakni jenis rimba campur. Selain itu kami juga menyarankan agar kedepan selain menanam tanaman jenis evergreen juga menanam tanaman yang mudah menyimpan air, seperti halnya trembesi," pungkasnya.[hud/ito]
 

Tag : sig, tuban, reklamasi, semen

* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat