14:00 . Kasus Covid-19 Naik, Menko Marves Belum Berpikir Terapkan PPKM Darurat   |   13:00 . Kaya Akan Gizi, Perempuan Ini Sulap Olahan Ikan Tongkol Jadi Abon   |   10:00 . Cerita Pelaku UMKM Mempertahankan Bisnisnya di Tengah Pandemi   |   09:00 . Masih Banyak ODGJ Terlantar, Komunitas Resik Tuban Ingin Bantu Para ODGJ   |   08:00 . Didemo Pemuda Enam Desa, Ini Jawaban Pertamina Rosneft   |   07:00 . Terapkan Isi Piringku dalam Gizi Seimbang untuk Cegah Obesitas   |   20:00 . Kendalikan Omicron Tuban Buat Pamor Keris   |   19:00 . Dulu Warga Kampung Miliarder Kaya Raya, Sekarang Susah Makan Tak Punya Pekerjaan   |   18:00 . Beberapa Hari Nihil, Kasus Covid-19 di Tuban Naik 6 Orang Suspect Dalam Sehari   |   17:00 . Relaksasi Bisa Jadi Cara Penanganan Nyeri Ringan Tanpa Obat   |   16:00 . Juli, Kemenag Tuban Targetkan Anggaran Program Kerja Terealisasi 75 Persen   |   15:00 . Pemuda Kaliuntu Klaim Dapat Pesan Bernada Ancaman Sebelum Demo   |   14:00 . Demo Memanas, Kades Ring 1 GRR Marahi Pegawai Hingga Ancam Lapor Ahok   |   13:00 . Kapolres Tuban Minta Korban Penipuan Investasi Bodong Segera Lapor   |   12:00 . Petani Keluhkan Pupuk Subsidi yang Susah Didapatkan   |  
Wed, 26 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Penyamaan Upah Minimum 2021, Begini Reaksi Pekerja di Tuban

bloktuban.com | Wednesday, 28 October 2020 12:00

Penyamaan Upah Minimum 2021, Begini Reaksi Pekerja di Tuban Buruh demo Omnibus Law di Kabupaten Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Keputusan mengenai tidak adanya kenaikan upah minimum tahun 2021 mendatang sudah diteken Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Republik Indonesia, Ida Fauziyah tertanggal 26 Oktober 2020. 

Berdasarkan Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia Nomor M/11/Hr .04/X/2020 Tentang Penetapan Upah Minimum Tahun 2021 Pada Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19).

Dalam suratnya tertulis penetapan upah minimum tahun 2021, mempertimbangkan kondisi perekonomian Indonesia pada masa pandemi Covid-19 dan perlunya pemulihan ekonomi Nasional, diminta kepada Gubernur untuk melakukan penyesuaian penetapan nilai Upah Minimum Tahun 2021 sama dengan nilai tahun 2020.

Adanya penyamaan upah minimum tahun 2021 tersebut, buruh di Kabupaten Tuban berbeda-beda cara menyikapinya. Ketua Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Konsulat Cabang Kabupaten Tuban, Duraji mengatakan, upah minimum tidak dinaikkan yang terjadi daya beli masyarakat menurun, artinya pertumbuhan ekonomi pasti stagnan.

"Pengusaha juga sedang susah, tapi buruh juga lebih susah. Buruh pun juga terdampak pandemi ini," ucap Duraji kepada blokTuban.com, Rabu (28/10/2020). 

Mewakili buruh di Kabupaten Tuban, Duraji merasa tidak tepat apabila Menaker hanya mementingkan pengusaha. Para pengusaha bisa saja melakukan penangguhan bila tidak mampu bayar UMK tentunya bisa berunding dengan serikat pekerja.

Buruh khususnya yang tergabung di FSPMI akan tetep meminta kenaikan UMK karena itu adalah bagian dari amanah Undang-undang (UU). Perlawanan sekeras-kerasnya akan buruh lakukan aksi demonstrasi akan terus dilaksanakan.

"Jangan dipukul rata semua perusahaan tidak mampu, faktanya tahun 1998 masih ada kok kenaikan upah minimum untuk menjaga daya beli buruh/masyarakat," kata Duraji. 

Sementara sikap lain diungkapkan Ketua DPC Sarbumusi-NU Kabupaten Tuban, Irhamsyah. 

Menyikapi kondisi perekonomian yang semakin memburuk efek dari pandemi, tentu harus menyikapi secara bijak terkait dengan penetapan UMP/UMK 2021 yang nominalnya sama dengan 2020.

"Sikap yang bijak adalah legowo sehingga sama-sama bisa jalan baik pengusaha maupun pekerja," sambung Irham. 

Tapi pada prinsipnya DPC Sarbumusi-NU Kabupaten Tuban tetap melakukan penolakan terhadap UU Omnibus Law klaster ketenagakerjaan yang sudah melemahkan hak-hak dasar pekerja. [ali/col]

 

 

Tag : Buruh, upah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more