22:00 . Warga Bojonegoro Jadi Pemenang Lomba Kicau Nasional di Tuban, Burungnya Ditawar Rp100 Juta   |   21:00 . Desa Klotok Tuban Sukses Gelar Festival Layang-layang Nasional 2022   |   20:00 . Beruntungnya Punya Nama Agus dan Berakhiran Tie Dapat Nasi Kemerdekaan di Warung Tuban Ini   |   19:00 . Ratusan Burung 6 Jenis Ini Tampil Memukau di Lomba Kicau Nasional di Tuban   |   18:00 . 7 Rekomendasi Sewa Kostum dan Rias di Tuban Cocok untuk Karnaval Kemerdekaan   |   17:00 . Di bawah DKI Jakarta, Gubernur Khofifah Minta Pengusaha APINDO Pertahankan Iklim EKonomi Jatim   |   16:00 . Setelah Minyak Goreng Kemasan Turun, Hari Ini Sembako di Tuban Stabil   |   15:00 . Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda   |   14:00 . Lulus Predikat Membanggakan, 54 Siswa Permadani Tuban di Wisuda   |   13:00 . Kabar Baik, 4 Zodiak Berikut ini Hidup Berkelimpahan di Bulan Agustus   |   12:00 . Bediang Berujung Petaka, Warga Tuban Kehilangan Rumah, Kandang dan Tiga Kambing   |   11:00 . Dok! PA Kabulkan Dispensasi Nikah Santriwati Korban Pencabulan Anak Kiai di Tuban   |   10:00 . Jelang HUT RI ke-77 Tahun, Persewaan Kostum Karnaval di Tuban Kebanjiran Orderan   |   09:00 . Lirik Lagu FOREVER 1 - Girls' Generation/ SNSD - SMTOWN   |   08:00 . Ini Niat Puasa Sunnah Asyura 10 Muharram, Ketahui Keutamaannya   |  
Mon, 08 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Pelatihan dan Sertifikasi MSDM BNSP Online Banjir Peminat

bloktuban.com | Monday, 12 October 2020 17:00

Pelatihan dan Sertifikasi MSDM BNSP  Online Banjir Peminat

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pandemi Covid-19 tak menghalangi semangat untuk meningkatkan kompetensi, khususnya pada praktisi  pengelola sumber daya manusia (SDM) di perusahaan atau  lembaga.  Salah satu yang kini dikejar adalah mendapatkan sertifikasi MSDM (Manajemen Sumber daya Manusia) yang dikeluarkan BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi).

Untuk mendapatkan sertifikat BNSP, mereka rela menghabiskan 5 hari liburnya, yaitu tiap hari Sabtu dan Minggu untuk mengikuti pelatihan sejak pagi hingga petang. Itulah yang tercermin dari 4 (empat) kegiatan pelatihan dan sertifikasi online MSDM yang digelar PT Magnet Solusi Integra yang bekerja sama dengan LSP (Lembaga Sertifikasi Profesi) MSDM Profesional. Dalam kegiatan pelatihan keempat yang berlangsung sejak pekan lalu hingga dua pekan lagi itu diikuti 33 peserta.

“Peserta yang ikut bukan hanya dari Surabaya, tetapi juga dari  Jabotabek, Semarang, Yogyakarta, Bali, Sumatera Utara, Banjar Baru,  dan NTB. Jenis perusahaannya pun beragam, mulai pengelola pelabuhan, perbankan, rumah sakit, pabrik gula, BUMD, dan migas,” kata Direktur Utama PT Magnet Solusi Integra (MSI) Novianingtyastuti, Senin (12/10/2020).

Novi menambahkan, sebelum menggelar 4 pelatihan dan sertifikasi MSDM online, PT Magnet Solusi Integra dan LSP MSDM Profesinal sudah 5 (kali) menggelar kegiatan secara tatap muka. Namun sejak pandemi, pelatihan dan proses uji kompetensi dilakukan secara online.

Peluang itu terbuka lebar karena konsultan SDM dan bisnis PT Magnet Solusi Integra telah mengembangkan Learning Management System (LMS) yang merupakan platform belajar online sejak tahun 2019, sehingga itu, PT MSI Consulting langsung bisa menyesuaikan kebutuhan pasar.

“Gelombang pertama di bulan Juni peserta hanya 6 orang, namun sejak gelombang kedua peserta sudah meningkat di atas 30 orang. Rata-rata mendaftar setelah membaca website MSI.  Artinya, pandemi mempercepat literasi digital di masyarakat,” kata alumnus Magister Management Universitas Bina Nusantara ini.

Selain dipergunakan untuk melakukan pelatihan bagi peserta yang sedang bersiap mengikuti uji kompetensi sertifikasi MSDM, lanjut Novi, i-learning -- LMS yang dikembangkan MSI  Consulting kini telah dimanfaatkan berbagai jenis pelatihan lainnya.

Alumnus Fakultas Psikologi Universitas Airlangga ini menambahkan,  LMS  yang dikembangkan MSI memungkinkan peserta belajar via pembelajaran online secara utuh.  Hal itu dimungkinkan karena platform itu  tak hanya menyimpan materi pembelajaran.

“Platform LMS ini  tak hanya menyediakan materi pembelajaran  yang bisa dibuka setiap saat selama mengikuti pelatihan, tetapi  juga membagikan penugasan, kuis, menyediakan materi referensi seperti  e-book hingga jurnal yang relevan. Bahkan  jika peserta ingin mengulang kembali materi, tersedia rekaman materi. Peserta juga bisa menjawab kuis, mengunduh dan mengunggah penugasan,” katanya.

Lewat model pelatihan  yang berbasis platform Learning Management System, lanjut ibu dua anak ini, Magnet Solusi Integra berharap bisa mendukung gerakan pencegahan penyebaran Covid-19. Selama vaksin belum ditemukan, lanjutnya, hanya ada satu pilihan kita harus mematuhi protokol kesehatan.

“Gerakan wajib memakai masker, menjaga jarak, dan menjauhi kerumunan, serta mencuci tangan dengan sabun, butuh dukungan semua pemangku kepentingan. Sebagai konsultan, kami berupaya berkontribusi lewat pengembangan platform LMS dan psikotes online,” kata Novi. [ali/ono]

Tag : lsp, bnsp, surabaya, msi



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat