BST Tahap Enam, 30.820 KPM Dapat Rp300 Ribu

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Total penerima Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap 6 di Kabupaten Tuban mencapai 30.820 Keluarga Penerima Manfaat (KPM). Proses penyaluran dilakukan sampai tanggal 23 September 2020.

Warga yang akan mengambil BST diharapkan mematuhi protokol kesehatan dan kelengkapan administrasi. Kantor Pos Tuban dipercaya pemerintah untuk menyalurkan BST kepada KPM.

Di sela pemantauan BST di Kecamatan Plumpang, Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein, mengungkapkan proses penyaluran BST tahap 6 berjalan dengan lancar dan telah mematuhi protokol kesehatan. Diantaranya wajib menggunakan masker, menjaga jarak antar KPM (Keluarga Penerima Manfaat) selama menunggu antrean.

“Hari ini, sebanyak 2.447 KPM di kecamatan Plumpang akan menerima BST masing-masing 300 ribu rupiah,” kata Wabup, Minggu (20/9/2020).

Lebih lanjut, pandemi Covid-19 yang telah berjalan kurang lebih 7 bulan menjadikan pertumbuhan ekonomi masyarakat melambat. Salah satu dampaknya yaitu banyak masyarakat yang penghasilannya menurun bahkan kehilangan mata pencaharian.

Bantuan sosial yang disalurkan sejak bulan April ini diharapkan bisa memperkuat ekonomi keluarga ditengah masa pandemi Covid-19. Wabup berpesan agar KPM memanfaatkan bantuan yang diterima untuk kebutuhan pokok, seperti pangan dan peningkatan imunitas tubuh. Kondisi tubuh yang sehat dan prima sangat penting untuk mencegah paparan virus Corona.

“Jangan sampai saat kondisi ekonomi melemah, kondisi tubuh ikut melemah,” terangnya.

Wabup kelahiran Rengel ini tidak bosan mengingatkan masyarakat untuk meningkatkan kepedulian terhadap upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban. Masyarakat dapat ikut terlibat mencegah penyebaran Covid-19 dengan mematuhi himbauan pemerintah dan disiplin menerapkan protokol kesehatan. [ali/col]