Pantai Semilir Terkenal Usai Diunggah Medsos

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pantai Semilir yang terletak di Jalan Pantura Tuban Desa Socorejo, Kecamatan Jenu mendadak terkenal usai diunggah di media sosial Facebook dan Tiktok. Viralnya pantai di tengah kepungan industri tersebut baru dua pekan belakangan.

Laila Maulidyah salah satu pengunjung tahu Pantai Semilir dari media sosial. Dara asal Kecamatan Montong tertarik datang, karena warna laut di pantai tersebut biru. Berbeda dengan di wisata pantai lain di Tuban.

"Tempatnya asyik, adem, pantainya bersih dan halus. Cocok untuk bergalau ria dan menyendiri saat penat," ujar Laila.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Semilir, Asmaul Husna membenarkan hal itu. Di hari biasa lebih dari 40 orang datang, dan 70 orang lebih di akhir pekan.

"Waktu favorit kunjungan pagi dan sore hari. Waktu tersebut cocok dipakai selfie hingga bersantai bersama keluarga," terang Maul sapaan karibnya kepada blokTuban.com, Kamis (17/9/2020).

Pokdarwis didukung Pemerintah Desa (Pemdes) Socorejo, telah menjalin sinergi dengan beberapa perusahaan sekitar. Berbagai fasilitas akan ditambah untuk menyempurnakan destinasi wisata tersebut.

Fasilitas sementara yang disediakan ada beberapa tenda, lazy bag, hingga hammock. Rencana disusul gazebo, tempat ibadah, beberapa toilet, dan layanan lain yang bisa membuat nyaman pengunjung.

Sementara Kepala Desa Socorejo, Z. Arief Rahman Hakim berharap besar bangkitnya wisata pesisir mampu mendorong peningkatan ekonomi warga dan Pendapatan Asli Desa (PAD).

"Di 2021 pemdes berencana nyuport Rp 250 juta dan kami target meraup Rp 500 juta dalam setahun," sambungnya.

Kang Arief sapaan akrabnya, menambahkan sinergi dengan pelaku industri diharapkan menjaga hubungan tetap harmonis. Selain itu, menumbuhkan bahwa kemajuan destinasi wisata pantai menjadi tanggungjawab bersama. [ali/ono]