35 Ribu Paket Konverter Kit untuk Nelayan dan  Petani Siap Didistribusikan

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Pertamina siap menindaklanjuti penugasan pemerintah untuk mendistribusikan 35 ribu paket Konverter Kit (Konkit) untuk nelayan dan petani. Rinciannya, sebanyak 25 ribu konkit untuk nelayan  di 42 kabupaten dan kota. Serta sebanyak 10 ribu paket untuk petani di 24 kabupaten dan kota. 

Vice Corporate Communication Pertamina, Fajriyah Usman menyatakan, Pertamina mendapat penugasan melakukan konversi BBM ke BBG sebagaimana Surat Perjanjian Pelaksanaan Pekerjaan Konversi BBM ke BBG untuk Nelayan Sasaran dan Petani tahun anggaran  2020.

Surat itu ditandatangani di Jakarta, Selasa (4/8) oleh Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Ego Syahrial.

Saat itu didampingi Sesditjen Migas Iwan Prasetya Adhi dan Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Migas Alimuddin Baso. Sementara hadir mewakili PT Pertamina SVP Shipping PT Pertamina (Persero) Joko Eko dan Direktur Marketing PT Pertamina Patra Niaga sebagai Commercial and Trading Business Group Pertamina, Jumali.

Perjanjian ditandatangani oleh Pejabat Pembuat Komitmen Konversi BBM k BBG untuk nelayan, Irene Yulianingsih VP LPG Sales PT Pertamina (Persero), Primarini dan Pejabat Pembuat Komitmen Konversi BBM ke BBG untuk petani sasaran, Safriyanto.

“Setelah penandatanganan perjanjian, Pertamina bergerak cepat. Segera melakukan proses pengadaan yang ditargetkan selesai pada akhir September 2020. Sehingga pada minggu kedua Oktober 2020 sudah mulai bisa didistribusikan,” ujar Fajriyah dalam laman resmi Pertamina.

Pertamina juga akan menyiapkan pangkalan di wilayah petani dan nelayan yang menjadi sasaran untuk mendukung  ketersediaan isi ulang LPG. 

Menurut Fajriyah, Pertamina telah mendistribusikan paket Konkit untuk nelayan sejak tahun 2016 dan hingga tahun 2019 telah mendistribusikan 60.859 paket Konkit.  Sementara untuk petani, Pertamina telah mendistibusikan paket Konkit sebanyak seribu paket yang dilakukan sejak tahun 2019. 

Pada tahun 2020, tambah Fajriyah, Pertamina akan mendistribusikan paket konkit untuk nelayan sasaran di 17 provinsi, 42 kabupaten/kota. Ke 17 provinsi tersebut adalah Daerah Istimewa Aceh, Sumatera Utara, Riau dan  Kepulauan Riau.

Juga Bengkulu, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Utara, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Selatan dan Sulawesi Tengah. 

Sedangkan paket konkit untuk petani sasaran akan dibagikan sebanyak 10 ribu paket di 6 provinsi, 24 kabupaten/kota. Pertamina akan menjalankan tugas ini sesuai target dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

"Paket Konkit ini akan membantu meringankan biaya operasional kapal penangkap ikan bagi nelayan serta mesin pompa air bagi petani, karena lebih hemat, efisien serta lebih ramah lingkungan. Perawatan mesin juga menjadi lebih mudah,” tambah Fajriyah.

Sebelumnya Kabupaten Tuban tercatat tiga kali menerima bantuan Konkit. Pada tahun 2016, telah dibagikan 330 paket dan 2017 sebanyak 566 paket. Total hingga 2018, jumlah paket yang dibagikan untuk Kabupaten Tuban sebanyak 1.096 paket.

"Semoga Tuban mendapatkan sesuai kebutuhan Konkit," pungkas Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Tuban, Murtadji kepada blokTuban.com, Rabu (5/8/2020). [ali/ono]