07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |   19:00 . Jadi Percontohan Vaksin di Tingkat Kabupaten, Ini Kunci Kesuksesan Glodog   |   18:00 . Mendag: Sukses Beradaptasi, Bisnis Waralaba Jadi Tuan di Negeri Sendiri   |   15:00 . Babak Pertama, Persatu Tertinggal 1-0 dari Persewangi   |   14:00 . Momen HDI, Bupati Tuban Halindra Kabarkan Perkembangan Raperda Difabel   |   13:00 . PPKM Level 3 se-Indonesia Batal, Disiplin Prokes di Pasar Tradisional Tuban Digalakkan Lagi   |   12:00 . Masyarakat Tuban Mulai Antusias dan Tak Takut Ikut Vaksin   |   10:00 . TPPI Latih Pelaku UMKM Tuban Pemasaran dan Pengelolaan Keuangan   |   09:00 . Lima Inovator SIG Pabrik Tuban Juara Pertama Award on Innvation 2021   |   08:00 . 100 Perempuan Pelaku Usaha Kuliner dan Kreatif Tuban Berdaya Selama Pandemi Covid-19   |   07:00 . Jangan Dimarahi, Ini 5 Tips Membentuk Kepribadian Anak yang Disiplin   |   21:00 . Satpol PP Peringatkan PKL yang Sengaja Tinggalkan Gerobaknya di Trotoar   |   20:00 . Selama Pandemi Data Pemilih Tuban Bertambah Menjadi 942.644 Orang   |   19:00 . Tidak Perlu Takut, TB Bisa Sembuh dengan Rutin Minum Obat Selama 6 Bulan   |  
Wed, 08 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Sebut Koperasi Wanita Pilar Ekonomi, Setiajit Ajak Kembangkan

bloktuban.com | Thursday, 23 July 2020 09:00

Sebut Koperasi Wanita Pilar Ekonomi, Setiajit Ajak Kembangkan

Reporter : Khoirul Huda

blokTuban.com – Koperasi adalah salah stau pilar ekonomi masyarakat. Termasuk koperasi wanita. Itulah yang disampaikan Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Setiajit.

 

Pejabat ini ternyata tak asing dengan dunia koperasi. Sebab, saat masih bertugas di Bappeda Provinsi Jawa Timur, Setiajit pernah mendirikan koperasi wanita di mana-mana. Termasuk di Kabupaten Tuban.

 

‘’Karena koperasi perempuan adalah salah satu kekuatan ekonomi masyarakat,’’ ujar Setiajit Kamis (23/7/2020).

 

Karena itu, pejabat asal Desa Tegalrejo, Kecamatan Merakurak ini sangat getol merawat dan mendukung koperasi wanita terus berdiri dan berkembang. Bahkan, agar perkembangan koperasi yang dikelola kaum hawa tersebut maju, Setiajit tak segan untuk membekali para pengurusnya dengan pengetahuan baru. Salah satunya soal perpajakan.

 

‘’Pada bulan Maret yang lalu saya membuka dan melakukan advokasi perpajakan bagi koperasi wanita di Tuban. Saat itu mewakili pemerintah provinsi. Jadi, koperasi ini penting,’’ tambahnya.

 

Karena itu, pejabat yang akan mencalonkan diri menjadi bupati pada Pilkada 9 Desember nanti itu, mendorong koperasi wanita di Tuban terus dikembangkan. Sebab, koperasi terbukti menjadi lembaga ekonomi yang tangguh dan kuat. Koperasi tak mudah goyang dengan banyak isu yang berkembang.

 

‘’Apalagi di masa pandemi seperti saat ini. Di mana ekonomi lesi,  koperasi tetap menjadi soko guru perekonomian negara,’’ bebernya.

 

Sampai saat ini, koperasi wanita yang Setiajit dirikan, saat masih menjabat Kepala Bidang Perekonomian di Bappeda Provinsi Jawa Timur masih ada dan berkembang. Saat itu tahun 1998 an, dia dirikan koperasi perempuan di Tuban dan memebri bantu modal awal Rp 5 juta. Lalu pada 2010 dibantu lagi modal Rp 10 jutaan.

 

‘’Saya berharap koperasinya terud jalan, dan modalnya berkembang,’’ ungkap dia.

 

Setiajit menjelaskan, ada tiga pilar ekonomi yang menopang pembangunan. Yakni BUMN atau BUMD, koperasi dan swasta. Koperasi adalah soko guru ekonomi bangsa. Karena itu, koperasi harus terus dikembangkan agar meningkatkan kesejahteraan anggotanya serta masyarakat.

 

‘’Koperasi harus terus dibantu. Jika pemkab belum membantu, nanti kita yang bantu. Dulu saja dibantu kenapa nanti tidak,’’ katanya.

 

Saking cintanya dengan koperasi wanita, Setiajit dalam kunjungannya ke daerah-daerah juga mendirikan koperasi wanita dengan memberi modal awal Rp 5 juta bagi yang belum terbentuk. Jika sudah ada koperasinya, bantuan Rp 5 juta itu sebagai tambahan modal.

 

Koperasi wanita di antaranya didirikan di Kecamatan Montong salah satunya di Desa Montong Sekar. Juga di Kecamatan Plumpang dan Widang.

 

‘’Kalau koperasi berkembang, yakin ekonomi masyarakat akan terangkat,’’ tandasnya.[hud/ono]

 

Tag : ekonomi, koperasiwanita



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more