15:00 . Sidang Ketiga Dugaan Pelanggaran Administrasi PPS Tuban, Pelapor Bawa Seorang Saksi   |   14:00 . Gunung Api Karangetang Sulawesi Utara Berstatus Siaga   |   13:00 . Presiden Jokowi Ingatkan Tantangan Pers Hadapi Banjir Media Sosial   |   12:00 . Tempati Lahan KAI, 97 Bangunan di Surabaya Dibongkar   |   10:00 . Kumpulan Resep Membuat Telur Pindang, Sekali Buat Bisa Untuk Beberapa Hari   |   09:00 . Emas Antam Kembali Naik Rp.5000 Hari ini 9 Februari 2023, Full Stock!   |   08:00 . Tata Cara dan Kapan Bersiwak Seperti yang Dilakukan Rasulullah SAW   |   07:00 . Lirik Lagu Stasiun Balapan - Cover Denny Caknan, Kuto Solo Sing Dadi Kenangan   |   21:00 . Kepepet Kebutuhan Sehari-hari, Purnawirawan Polisi di Tuban Nekat Mencuri Motor   |   20:00 . Bawaslu Tuban Bacakan Hasil Sidang Kedua Dugaan Pelanggaran Rekrutmen Anggota PPS Montong   |   19:00 . Keren, Anak Muda di Tuban Buat Suplemen Penambah Nafsu Makan Hewan   |   18:00 . Eks Karyawan Hotel Purnama Tak Terima Pesangon, Disnakerin Tuban Sarankan ke Jalur Hukum   |   17:00 . Mahasiswa KKN Unang Tuban Dampingi UMKM Panyuran Terbitkan NIB   |   16:00 . Pasokan Berkurang, Harga Cabai Rawit di Tuban Tembus Rp70 Ribu Per Kilogram   |   15:00 . Dihuni 250 Penduduk, Ini Kondisi Dusun Terluar di Tuban   |  
Thu, 09 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Lima Orang Lihat Hilal di Banyuurip Tuban

bloktuban.com | Wednesday, 22 July 2020 12:00

Lima Orang Lihat Hilal di Banyuurip Tuban

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Menjelang penetapan awal bulan Dzulhijjah 1441 Hijriyah/2020 Masehi, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tuban menurunkan tim Badan Hisab Rukyat (BHR) untuk melakukan rukyatul hilal di menara pantau Desa Banyuurip, Kecamatan Senori, Selasa (21/7/2020) sore.

Penyelenggara Syariah Kantor Kemenag Tuban, Mashari menjelaskan, kegiatan Rukyatul Hilal dilakukan serentak di 84 titik lokasi wilayah Indonesia, salah satunya Kabupaten Tuban.

Proses pemantauan hilal menggunakan alat bantu agar didapatkan hasil yang lebih akurat, dan berdasarkan pemantauan, sebanyak 5 orang saksi menyatakan telah melihat hilal.

"Alhamdulillah hilal terlihat oleh lima orang saksi," kata ungkapnya, Rabu (22/7/2020).

Kelima orang saksi yang menyaksikan kemunculan hilal atas nama Ainul Yaqin, Fuad, Kamaluddin Sirot, Shodikin dan Ali Mahfudz. Kelima orang saksi tersebut selanjutnya akan dikonfirmasikan hakim pengadilan agama.

Dari hasil pemantauan, ketinggian hilal pada saat rukyat telah mencapai 7 derajat lebih di atas ufuq dan telah memenuhi persyaratan.

Sehingga dimungkinkan awal bulan Dzulhijjah 1441 hijriyah sudah masuk malam ini dan pelaksanan Idul Adha atau Hari Raya Qurban atau 10 Dzulhijjah jatuh pada hari Jumat (31/7/2020) mendatang.

"Kendati demikian, keputusan penetapan menunggu hasil sidang isbat (penetapan) pemerintah melalui  Menteri Agama RI," ujar pria asal Kota Soto Lamongan tersebut.

Secara terpisah, Kepala Kantor Kemenag Tuban, Sahid menjelaskan, hasil rukyatul hilal telah membuahkan hasil berupa tanggal 1 Dzulhijjah 1441 H/2020 H jatuh pada malam ini.

Pelaksanaan rukyatul hilal menjadi salah satu kegiatan penting dan rutin diadakan pada momen penting di tahun hijriyah.

“Sebab berkaitan dengan ibadah dimana hasilnya terdapat penentuan awal bulan qomariyah," tuturnya.

Hasil rukyat di Bukit Banyuurip akan diteruskan langsung ke Kemenag Kanwil Jatim. Hasilnya diteruskan ke Kementerian Agama RI yang akan menggelar sidang isbat setelah waktu maghrib. [ali/rom]

Tag : hisab rukyat, bhr, kemenag, lihat hilal, bulan dzulhijjah



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat