12:00 . Tips Memulai Bisnis Bucket Snack Kekinian   |   10:00 . Relawan Tambakboyo Tuban Galang Bantuan Korban Erupsi Semeru   |   07:00 . Gejala Infeksi Luka Jahitan yang Wajib Diketahui dan Cara Menanganinya   |   20:00 . Jarak Luncur Guguran Lava Pijar Gunung Semeru 500-800 Meter   |   19:00 . Kelompok Informasi Masyarakat Tersosialiasi di 11 Kecamatan Tuban   |   18:00 . Puluhan Menu Tersaji di Festival Masakan Khas Tuban, Wakili Sisi Utara, Tengah dan Selatan   |   17:00 . Langkah Pemerintah Deteksi Omicron, Testing dan Tracing Perjalanan Internasional   |   16:00 . WHO Jelaskan Omicron, Kemenkes Minta Masyarakat Tidak Panik   |   12:00 . All Out Dukung Tim Kebanggaan, Suporter Persatu Tuban Adakan Gerakan Penggalangan Dana   |   11:00 . Alumni SMK TJP Tuban Perkuat Indonesia di Kompetisi Pengelasan Internasional¬†   |   10:00 . Pindah Tugas ke Banda Aceh, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon Pamitan   |   08:00 . Pengelolaan JDIH Tuban Masuk 10 Besar Terbaik Nasional   |   07:00 . Mengenal Tantrum Anak, Serta Bagaimana Cara Menanganinya   |   21:00 . Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal dan Tahun Baru   |   20:00 . Pekerja yang Bekerja di Harus Terapkan Sistem Perlindungan   |  
Sun, 05 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

12 PPDP Reaktif, KPU: Mereka Langsung Diganti

bloktuban.com | Monday, 13 July 2020 10:00

12 PPDP Reaktif, KPU: Mereka Langsung Diganti

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Dari 2.215 orang Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) Pilkada serentak tahun 2020 di Kabupaten Tuban yang menjalani rapid test, 12 orang diantaranya dinyatakan reaktif.

Rapid test di masing-masing kecamatan tersebut telah dilakukan selama dua hari pada Jumat-Sabtu (10-11/7/2020) kemarin.

"Ada 12 PPDP reaktif dan hari ini langsung ada penggantian," terang Komisioner KPU Tuban Divisi SDM dan Partisipasi Masyarakat, Zakiyah Munawaroh kepada blokTuban.com, Senin (13/7/2020).

Kali ini, Zakiya belum berkenan membeber identitas 12 PPDP yang reaktif beserta asal kecamatannya. Tujuannya untuk menghindari keresahan di masyarakat.

Proses penggantian PPDP juga dikoordinasikan dengan Pemerintah Desa setempat. Jika hari ini sudah ada penggantinya langsung di rapid tes sekarang. Maksimal besok Selasa (14/7) penggantian dan rapid test PPDP karena masa kerjanya hanya sebulan.

"PPDP telah ditetapkan 9 Juli kemudian 10-11 rapid tes sesuai aturan yang berlaku. Jika pengganti PPDP semisal reaktif ya harus diganti lagi," imbuh Zakiya.

Sementara itu, untuk badan ad hoc Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) rapid tesnya maksimal akhir Juli. Kepastian tanggalnya masih dikoordinasikan dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban.

Tidak menutup kemungkinan petugas PPK dan PPS jika reaktif, KPU akan menerapkan protokol kesehatan dengan mengisolasi petugas tersebut 14 hari. Mereka tidak diperlakukan seperti PPDP karena memiliki waktu kerja lebih panjang.

"Pergantian Antar Waktu (PAW) hanya dilakukan jika petugas tersebut meninggal dunia atau tidak dapat melaksanakan tugasnya karena suatu hal. Kalau masih bisa ditangani gugus tugas, KPU memilih mengistirahatkan mereka," jelasnya.

Pelaksanaan screening kesehatan serta pemeriksaan rapid test massal kepada seluruh PPDP itu dilakukan dalam rangka untuk memastikan seluruh petugas tidak terindikasi Covid-19, sebelum pelaksanaan tahapan Pencocokan dan Penelitian (Coklit) daftar pemilih, pada 15 Juli-13 Agustus.

Sesuai dengan Peraturan PKPU No 5 Tahun 2020, pelaksanaan pemungutan suara serentak yang ditunda karena bencana nonalam Covid-19, dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2020.

Adapun seluruh tahapan, program, dan jadwal Pemilihan serentak lanjutan harus dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan penanganan Covid-19. [ali/ito]

Tag : kpu, ppdp, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more