Tempat Wisata di Tuban Dijadwalkan Buka Bulan Agustus

Reporter: Nidya Marfis H.

blokTuban.com - Setelah tutup selama tiga bulan sejumlah tempat wisata di Kabupaten Tuban, dijadwalkan akan dibuka kembali pada bulan Agustus 2020 mendatang.

Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Suwanto mengatakan, pemerintah kabupaten berencana membuat kembali tempat wisata di Kabupaten Tuban pada bulan Agustus 2020 ini.

"Rencananya pada tanggal 23 Agustus 2020," ungkap Suwanto. Rabu,(24/6/2020).

Ia menjelaskan, meski memasuki new normal wisata di Tuban belum bisa dibuka dalam waktu dekat ini. Sebab, banyak yang perlu dipersiapkan, baik dari pihak wisata, regulasi maupun dari pengunjung.

"Nantinya ada beberapa protokol kesehatan yang wajib ditaai baik untuk pengelolaan wisata, karyawan maupun pengunjung,"ujarnya.

Peraturan tersebut diantaranya bagi pengunjung wajib memakai masker, wajib mencuci tangan sebelum masuk, wajib membawa handsanitizer dan menjaga jarak dengan pengunjung lain.

"Segera melapor ke petugas apabila melihat atau mengalami gejala sakit," tuturnya.

Sedangkan bagi pedagang, akan tersedia stand khusus bagi pedagang kuliner, tempat jualan tidak gelap dan lembab, memastikan semua produk higienis, menyiapkan tempat cuci tangan dan lapak pedagang diatur 1.5 meter antara pedagang satu dan lainnya.

"Jarak pembeli satu dan lainnya juga ditata, jangan sampai bergerombol," imbuhnya.

Untuk pengelolaan tempat wisata, juga harus menyediakan tempat cuci tangan, menyiapkan petugas untuk mengukur suhu tubuh, menyediakan handsenitazer di berbagai tempat strategis, mengatur jarak pengunjung.

"Menyediakan alat - alat pelindung diri untuk karyawan seperti, masker dan sarung tangan," tandasnya. [nid/ito]