PDP Meninggal, Tes Swab Keluar 2 Hari Lagi

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Satu Pasien Dalam Pengawasan (PDP) Covid-19 asal Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban meninggal dunia, Senin (6/4/2020).

Pasien laki-laki tersebut meninggal dunia setelah beberapa hari menjalani perawatan medis di ruang isolasi RSUD dr. Koesma Tuban.

Sebelumnya, PDP yang juga merupakan perawat di Puskesmas Semanding tersebut ikut pelatihan petugas calon haji tahun 2020, pada 8-19 Maret di Asrama Haji Surabaya.

dr. Bambang Priyo Utomo saat dikonfirmasi membenarkan satu pasien PDP asal Kecamatan Semanding telah meninggal dunia.

"Iya pasien yang meninggal dunia statusnya PDP Covid-19," terang dr. Bambang saat dikonfirmasi blokTuban.com.

Lebih lanjut dia menegaskan, meski status pasien tersebut PDP Covid-19. Namun, pihaknya belum mengetahui pasti apakah pasien tersebut meninggal dunia karena terpapar Covid-19 atau tidak, lantaran hasil tes Swab belum keluar.

"Hasil tes Swab PDP ini belum keluar, keluarnya dua hari lagi," tandas pria yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban tersebut.

Meski hasil tes belum keluar, namun PDP ini tetap dimakamkan sesuai SOP Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) dan Standar WHO terkait pemakaman pasien Covid-19.

"Iya betul, prosesi pemakaman sesuai dengan SOP Kementerian Kesehatan," imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa setempat, Aang Sutan mengatakan, prosesi pemakaman berlangsung pada malam hari ini di pemakaman Islam Bejagung lor.

"Alhamdulillah, sampe detik ini aman dan tidak ada penolakan dari warga," ungkap Kades.

Menurut Kades, prosesi pemakaman sendiri dilakukan sesuai dengan SOP Kementrian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia (RI) dan standart WHO, yakni menggunakan baju Alat Pelindung Diri (APD).

Diketahui, jumlah PDP Covid-19 itu tersebar di enam kecamatan dari dua puluh kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban. Diantaranya, Kecamatan Palang ada 2 orang berstatus PDP, Plumpang 1 PDP, Semanding 1 PDP, Tuban 1 PDP, Jenu 1 PDP, Bancar 1 PDP, dan Bangilan 1 PDP.

Lalu peta persebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) tercatat ada 399 orang. Kemudian jumlah ODP yang selesai dalam pemantauan sebanyak 107 orang. Sehingga orang yang masih dalam pemantauan (ODP) adalah sebanyak 292 orang. [hud/rom]