17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |   08:00 . 5 Butir Isi Perjanjian Hudaibiyah, Antara Kaum Muslim dan Quraisy   |   07:00 . Pengamen Badut Asal Jombang Diamankan Satpol PP Tuban, Peralatan Ngamennya Disita   |   06:00 . Kemendag Luncurkan MINYAKITA Rp14 Ribu per Liter, Lebih Murah dari Migor Curah di Tuban   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Wisata Religi Batasi Kunjungan Peziarah Bersuhu di Atas 38 Derajat Celsius

bloktuban.com | Monday, 16 March 2020 08:00

Wisata Religi Batasi Kunjungan Peziarah Bersuhu di Atas 38 Derajat Celsius

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Semakin bertambahnya jumlah kasus virus corona (COVID-19) di Indonesia tentu mengkhawatirkan. Oleh karena itu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban memberlakukan berbagai kebijakan, diantaranya membatasi kunjungan peziarah di wisata religi yang dikelola oleh daerah.

Salah satu kebijakan tidak semua peziarah diizinkan masuk di wisata Makam Sunan Bonang yang terletak di belakang Masjid Agung Tuban. Pengunjung yang diperbolehkan masuk hanya yang bersuhu tubuh di bawah 38 derajat celsius.

"Untuk peziarah yang bersuhu di atas 38 derajat celsius sementara dilarang masuk. Dan akan diperiksa oleh Dinas Kesehatan (Dinkes)," terang Wakil Bupati Tuban, Noor Nahar Hussein kepada blokTuban.com usai rapat bersama Forkopimda di ruang rapat Setda lantai 1, Senin (16/3/2020).

Wabup dua periode ini menyadari, pengunjung di Makam Sunan Bonang ini lintas daerah. Baik dari dalam maupun luar Kabupaten Tuban. Melalui bantuan Dinkes, pengunjung yang dicurigai harus melalui pengukuran suhu tubuh.

Mulai tanggal 17 Maret 2020, tim kesehatan Tuban bakal stand-by di pintu masuk datangnya peziarah. Pemkab sudah memesan alat pengukur suhu tapi habis, dan infonya hanya mendapat dua buah alat.

Dari dua alat tersebut akan dibagi. Apakah di pintu masuk sebelah Masjid Agung, atau di terminal Kebonsari sebagai area parkir bus wisata. Sekarang masih dikoordinasikan apakah setiap turun bus pengunjung diperiksa atau bagaimana.

"Kalau di terminalnya lebih luas areanya karena kernet busnya tidak ikut di sini. Kernet harus dites juga suhu tubuhnya," tegas politisi PKB asal Rengel.

Sebatas diketahui, setiap tahun rata-rata di atas 5,8 juta orang berkunjung di 18 objek wisata. Kepala Bidang Pariwisata Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Tuban, Suwanto menjelaskan, delapan belas obyek wisata itu meliputi Makam Sunan Bonang, Makam Bejagung Lor, Makam Bejagung Kidul, Makam Asmoroqondi, Museum Kambang Putih, Air Terjun Prataan, Goa Akbar, Goa Ngerong, Pemandian Bektiharjo.

"Di samping itu terdapat pula Pantai Boom, TWT, Pantai Sowan, Air Terjun Nglirip, Tuban Mangrove Center, Pantai Kelapa, Goa Putri Asih, Goa Suci, dan  Pemandian Air Panas Nganget-Kenduruan," pungkasnya. [ali/rom]

Tag : corona, covid, tuban, kebijakan pemerintah, wisata



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat