14:00 . Kasus Covid-19 Naik, Menko Marves Belum Berpikir Terapkan PPKM Darurat   |   13:00 . Kaya Akan Gizi, Perempuan Ini Sulap Olahan Ikan Tongkol Jadi Abon   |   10:00 . Cerita Pelaku UMKM Mempertahankan Bisnisnya di Tengah Pandemi   |   09:00 . Masih Banyak ODGJ Terlantar, Komunitas Resik Tuban Ingin Bantu Para ODGJ   |   08:00 . Didemo Pemuda Enam Desa, Ini Jawaban Pertamina Rosneft   |   07:00 . Terapkan Isi Piringku dalam Gizi Seimbang untuk Cegah Obesitas   |   20:00 . Kendalikan Omicron Tuban Buat Pamor Keris   |   19:00 . Dulu Warga Kampung Miliarder Kaya Raya, Sekarang Susah Makan Tak Punya Pekerjaan   |   18:00 . Beberapa Hari Nihil, Kasus Covid-19 di Tuban Naik 6 Orang Suspect Dalam Sehari   |   17:00 . Relaksasi Bisa Jadi Cara Penanganan Nyeri Ringan Tanpa Obat   |   16:00 . Juli, Kemenag Tuban Targetkan Anggaran Program Kerja Terealisasi 75 Persen   |   15:00 . Pemuda Kaliuntu Klaim Dapat Pesan Bernada Ancaman Sebelum Demo   |   14:00 . Demo Memanas, Kades Ring 1 GRR Marahi Pegawai Hingga Ancam Lapor Ahok   |   13:00 . Kapolres Tuban Minta Korban Penipuan Investasi Bodong Segera Lapor   |   12:00 . Petani Keluhkan Pupuk Subsidi yang Susah Didapatkan   |  
Wed, 26 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Alami Bad Mood saat Bekerja? Begini Cara Mengatasinya

bloktuban.com | Saturday, 07 March 2020 07:00

Alami Bad Mood saat Bekerja? Begini Cara Mengatasinya

Reporter: -

blokTuban.com - Menjalani aktivitas yang hampir sama dan selalu berada di kantor hampir setiap hari membuat kita lama-kelamaan dilanda rasa bosan hingga bad mood. Semangat bekerja pun jadi menurun, akhirnya hasil pekerjaan jadi kurang maksimal.

Ketika rasa bosan dan bad mood di kantor sudah dirasa sebaiknya Anda tidak membiarkannya. Bila suasana hati seperti itu kerap dibiarkan, ini bisa mempengaruhi pada kesehatan mental pula. Tidak enak kan rasanya, sedang merasa bosan tapi ‘dipaksa’ untuk tetap bekerja?

Supaya rasa bosan dalam bekerja tidak mengganggu intensitas bekerja, berikut kumparanWOMAN rangkum hal yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki mood buruk saat bekerja. Berikut ulasannya.

Mendengarkan musik

Menurut Darlene Mininni, pengajar pengembangan profesional dan psikolog kesehatan di University of California, Los Angeles, Amerika Serikat, dan penulis buku ‘The Emotional Tool Kit’, mendengarkan musik dapat menenangkan situasi hati. Terdapat studi yang menemukan bahwa mendengarkan musik klasik hanya dalam 10 menit dapat meminimalkan perasaan negatif.

Mengutip psychcentral, ada pula hasil studi yang menyatakan mendengarkan musik dapat menurunkan tekanan darah, detak jantung, dan kadar hormon stres (kortisol). Studi tersebut dilakukan pada 54 perawat yang mendengarkan musik menenangkan selama 30 menit.

Jadi ketika perasaan bosan muncul, mendengarkan musik klasik atau musik favorit Anda dapat membangkitkan kembali semangat. Pastikan mendengarkan musik di kantor menggunakan earphone ya Ladies, agar rekan kerja yang lain tidak terganggu.

Menghirup aroma yang menenangkan

Penulis buku terlaris asal Amerika Serikat, Gretchen Rubin, menghirup aroma yang menyegarkan dan menenangkan dapat meningkatkan mood jadi lebih baik. Menurutnya meredakan suasana hati yang buruk di kantor bisa dengan cara sederhana ini. Ketika kita menghirup aroma vanila yang lembut atau aroma kopi maka rasa stres akan memudar.

Mengobrol dengan rekan kerja

Ketika bad mood datang membuat Anda hanya ingin terdiam atau berbaring santai. Namun itu tidak mungkin dilakukan bila tugas pekerjaan masih menumpuk, cari kembali rasa semangat dengan mengajak rekan kerja berbincang agar suasana hati lebih tenang. Bisa saja Anda mendapatkan informasi yang menarik dan membangkitkan semangat.

Perlu diingat, jangan sampai mengobrol ini malah mengganggu efektivitas bekerja. Lakukan saja hanya untuk menenangkan pikiran dan mengembalikan suasan hati. Bagaimanapun interaksi sosial dapat membantu suasana hati.

Melatih pernapasan

Menurut pelatih pernapasan asal Turki, Nevsah Karamehmet mengatakan pada Elite Daily, kita perlu mengatur pernapasan pada situasi-situasi tertentu. Jadi kita harus memperhatikan pernapasan pada masa penuh tekanan, marah, lelah, hingga kehilangan fokus. Jadi mengatur pernapasan menjadi cara terbaik untuk menghadapi rasa bosan juga.

Nevsah menambahkan, mengatur pernapasan dengan kesadaran karena situasi yang dihadapi, membuat Anda merasa memiliki kekuatan untuk mengubah seluruh suasana hati. Maka berlatihlah dalam mengatur pernapasan.
Karier, rileks

Cara sederhahannya, Anda dapat menghirup napas dengan cara menarik perut bagian bawah dan mengeluarkan napas melalui mulut secara perlahan. Lakukan cara ini selama beberapa menit hingga seluruh energi negatif di dalam diri hilang dan otak pun menjadi lebih rileks.

Menyegarkan pikiran ke luar ruangan

Terkadang salah satu penyebab Anda merasa bad mood karena jenuh terhadap rutinitas yang ada di kantor. Seperti duduk di meja yang sama dan melakukan hal yang sama setiap harinya. Kondisi seperti ini membuat Anda membutuhkan suasana baru.

Jika perusahaan tidak memberlakukan bekerja remote, namun kantor memiliki suasana seperti rumah dan terdapat taman. Cobalah bekerja di ruang terbuka itu untuk menyegarkan pikiran dan suasana hati. Carilah tempat yang membuat Anda jadi lebih nyaman bekerja, Ladies.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more