14:00 . Kasus Covid-19 Naik, Menko Marves Belum Berpikir Terapkan PPKM Darurat   |   13:00 . Kaya Akan Gizi, Perempuan Ini Sulap Olahan Ikan Tongkol Jadi Abon   |   10:00 . Cerita Pelaku UMKM Mempertahankan Bisnisnya di Tengah Pandemi   |   09:00 . Masih Banyak ODGJ Terlantar, Komunitas Resik Tuban Ingin Bantu Para ODGJ   |   08:00 . Didemo Pemuda Enam Desa, Ini Jawaban Pertamina Rosneft   |   07:00 . Terapkan Isi Piringku dalam Gizi Seimbang untuk Cegah Obesitas   |   20:00 . Kendalikan Omicron Tuban Buat Pamor Keris   |   19:00 . Dulu Warga Kampung Miliarder Kaya Raya, Sekarang Susah Makan Tak Punya Pekerjaan   |   18:00 . Beberapa Hari Nihil, Kasus Covid-19 di Tuban Naik 6 Orang Suspect Dalam Sehari   |   17:00 . Relaksasi Bisa Jadi Cara Penanganan Nyeri Ringan Tanpa Obat   |   16:00 . Juli, Kemenag Tuban Targetkan Anggaran Program Kerja Terealisasi 75 Persen   |   15:00 . Pemuda Kaliuntu Klaim Dapat Pesan Bernada Ancaman Sebelum Demo   |   14:00 . Demo Memanas, Kades Ring 1 GRR Marahi Pegawai Hingga Ancam Lapor Ahok   |   13:00 . Kapolres Tuban Minta Korban Penipuan Investasi Bodong Segera Lapor   |   12:00 . Petani Keluhkan Pupuk Subsidi yang Susah Didapatkan   |  
Wed, 26 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tips Cegah Anak Kena Gangguan Pencernaan di Musim Hujan

bloktuban.com | Tuesday, 03 March 2020 07:00

Tips Cegah Anak Kena Gangguan Pencernaan di Musim Hujan

Reporter: -

blokTuban.com - Pengaruh cuaca di musim hujan, secara tak langsung ternyata dapat mempengaruhi kesehatan anak. Ya Moms, selain flu, di musim hujan anak biasanya juga rentan terkena gangguan pencernaan. Sebab, di musim hujan biasanya banyak virus atau bakteri yang tercemar melalui udara.
 
Bahayanya, bakteri tersebut ternyata dapat ditemukan di mana saja. Mainan, remot televisi, gadget, dan berbagai barang lainnya yang sering disentuh bahkan dimasukkan ke dalam mulut si kecil. Oleh sebab itu, orang tua perlu melakukan pencegahan agar hal ini tidak mengganggu sistem pencernaan anak.

Bagaimana caranya?

Menurut Dokter Spesialis Anak dan Konsultan Gastroenterologi Hepatologi Anak, dr. Frieda Handayani K., SpA (K), diare, gastroenteritis, dan gastritis (maag) menjadi beberapa gangguan pencernaan pada anak yang umum terjadi di musim hujan. Menurutnya, terdapat tiga hal yang dapat orang tua lakukan agar anak tidak terkena masalah tersebut.

Pertama adalah dengan meningkatkan daya tubuh anak dan tentunya diri Anda sendiri, Moms.

"Jadi, kalau ibunya enggak sehat, kurang bersih, anak akan otomatis tertular," kata dr. Frieda ketika ditemui di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, belum lama ini.

Kedua, cegahlah agar anak tidak terkena paparan berlebih terhadap udara di luar rumah. Sebaiknya Anda juga menasihati anak agar menghindari berenang di musim hujan, karena akan ada bakteri atau virus yang tersebar di sana.

Ketiga, jangan lupa memastikan anak Anda cukup istirahat sesuai dengan usianya.
 
"Hal ini benar-benar harus dipenuh supaya daya tahan tubuh anaknya baik," ucap dokter yang juga praktik di RS Pondok Indah Bintaro Jaya, Tangerang Selatan tersebut.

Selain 3 poin di atas, dr. Frieda juga menyarankan agar orang tua tetap memberikan asupan nutrisi yang bergizi untuk anaknya. Sebab menurutnya, sekitar 70-80 persen antibodi berada di saluran cerna, sehingga si kecil perlu mendapat makanan sehat dan bergizi, agar antibodi-nya bisa bekerja dengan baik.

*Sumber: kumparan.com

Tag : pendidikan, kesehatan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more