19:00 . Wasit Keluarkan 2 Kartu Merah, Tim Salafiyah Kholidiyah Plumpang Lolos FInal   |   18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

3 Desa di Kecamatan Jenu Bebas Buang Air Sembarangan

bloktuban.com | Monday, 17 February 2020 09:00

3 Desa di Kecamatan Jenu Bebas Buang Air Sembarangan

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Penyelenggaraan program kesehatan tidak terlepas dari peran lintas sektor yang ada. Lokakarya mini lintas sektor dilaksanakan guna mensinergikan kegiatan yang ada dengan program kesehatan sebagai upaya peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kecamatan Jenu, Senin (17/2/2020).

Kegiatan dihadiri seluruh lintas sektor yang ada di Kecamatan Jenu, antara lain Kepala Desa, Koordinator Penyuluh Pertanian Kecamatan Jenu, Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tuban, Kelompok Kerja Kepala Sekolah (K3S), Koordinator PLKB Kecamatan Jenu, Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI), dan FORKOPIMKA.

Kepala Puskesmas Jenu, dr. Dede Kurniawati menjelaskan, kegiatan kali ini diantaranya pemaparan program kerja puskesmas Jenu tahun 2020, capaian kegiatan 2020, pemberian piagam ODF (Open Defecation Free), dan pemberian tablet zinc pada balita stunting.

"Kami juga melakukan penandatanganan komitmen bersama membangun zona intergritas menuju WBK/WBBM serta mengikrarkan pakta integritas yang berisi peran serta dalam pencegahan dan pemberantasan KKN," tutur Dede yang didaulat sebagai dokter teladan di tahun 2019.

dr. Dede menambahkan, zona integritas adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK), atau Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) melalui reformasi birokrasi.

Pemberian piagam ODF (Open Defecation Free) diberikan kepada desa Remen, Tasikharjo dan Purworejo karena desa tersebut sudah bebas buang air sembarangan ditahun 2019.

"Ada dua desa yang ditargetkan di tahun 2020 segera menyusul ODF yaitu Desa Sugihwaras dan Jenggolo," imbuhnya.

Pada kesempatan ini, juga dilakukan pemberian tablet zinc pada balita stunting selama 90 hari makan kepada 154 balita stunting.

Adapun angka stunting di Kabupaten Tuban tahun 2019 mencapai 17 persen dari total penduduk Kabupaten Tuban.

Puskesmas Jenu sebagaimana arahan Bupati Tuban, Fathul Huda terus mengawasi kebutuhan gizi serta semakin menggiatkan sosialisasi tentang angka kecukupan gizi. Keluarga anak penderita stunting juga diminta aktif bertanya mengenai kebutuhan gizi anak.

Sementara Camat Jenu, M. Maftuchin Riza mendorong 17 desa di wilayahnya bisa terbebas dari buang air sembarangan. Kebersihan merupakan kunci terhindar dari berbagai penyakit.

"Selamat kepada ketiga desa yang telah terbebas dari buang air sembarangan," tutup mantan Camat Bangilan. [ali/rom]

Tag : lokakarya, sehat, desa sehat



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat