Jl Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Dampak Virus Corona, Harga Bawang Putih Melambung

bloktuban.com | Thursday, 06 February 2020 12:00

Dampak Virus Corona, Harga Bawang Putih Melambung

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Harga kebutuhan pokok bawang putih di Pasar Baru Kabupaten Tuban pada awal bulan Februari 2020 terus melambung. Bahkan, hingga Kamis (6/2/2020) ini harga bawang putih tersebut tembus hingga Rp50 ribu per kilogram.

Menurut salah satu pedagang di Pasar Baru Kabupaten Tuban, Rumiyatun harga bawang putih saat terus merangkak naik sejak sekitar satu minggu terakhir ini. Naiknya harga komoditas impor dari Tiongkok itu terjadi lantaran munculnya Virus Corona.

"Harga bawang putih ini naik karena pengaruh ramainya kemunculan Virus Corona. Sebab, bawang putih ini merupakan komoditas Impor dari China," terang Rumiyatun kepada wartawan.

Menurut informasi yang diterimanya, kemunculan Virus Corona ini membuat impor komoditas bawang putih terganggu. Sehingga stok di pasaran semakin menipis. "Ini bawang putih stok lama," jelas Rumiyatun.

Lebih lanjut, Rumiyatun menyampaikan harga bawang putih normalnya hanya sekitar Rp25-Rp30 ribu per kilogram, sedangkan saat ini naik menjadi Rp50 ribu per kilogram. 

Hal senada juga diungkapkan oleh pedagang lain Bu Muin, menurutnya harga komoditas bawang putih saat ini naik dari Rp30 menjadi Rp50 ribu per kilogram. "Iya harga bawang putih naik menjadi Rp50 ribu per kilogram," pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Diskoperindag) Kabupaten Tuban Agus Wijaya saat dikonfirmasi mengatakan harga komoditas bawang putih ini naik dipengaruhi karena suplai.

"Analisisa sementara harga bawang putih naik karena pengaruh suplai," pungkas Agus Wijaya.[hud/col]

Tag : Harga, bawang, naik.



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.



Berita Terkini