BPBD Tuban Klaim Belum Ada Laporan Temuan Kobra

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Terkait temuan ular kobra yang ada di sejumlah daerah di Jawa Timur, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban menyatakan, jika sementara ini belum ada laporan maupun temuan ular kobra di Tuban, Sabtu (4/1/2019).

Hal tersebut dibeberkan oleh Taufiq selaku Kasi Kedaruratan BPBD Tuban. Kepada blokTuban.com, pihanya mengatakan jika darurat ular kobra masih nihil. Hanya ada temuan ular lain, seperti ular jenis piton yang tak berbisa.

"Untuk sementara ini di Tuban belum ada laporan maupun temuan terkait kobra. Ada Laporan mengenai hewan, ya ular tak berbisa seperti di Baturetno kemarin," ungkap Taufiq.

Ditambahkan lagi, masyarakat dihimbau agar selalu waspada dan hati-hati jikalau mendapati keberadaan hewan melata dan serangga beracun lainnya. Baik itu ular kobra, piton, hingga serangga koloni tawon yang akhir-akhir ini sering dievakuasi oleh tim BPBD Tuban.

"Kalau di wilayah lain seperti Bojonegoro ada temuan kobra, ya mudah-mudahan di Tuban gak ada," katanya berharap.

Kendati begitu, tim dari BPBD Tuban juga punya tim khusus untuk penangan ular kobra apabila sewaktu-waktu ada laporan temuan ular kobra hingga bersarang di suatu tempat.

"Kita ada tim khusus juga. Ada 2 orang yang paling ahli dalam hal itu," tandasnya.

Sebatas diketahui, dilansir dari laman web blokBojonegoro.com tertanggal 2 Januari 2020 Kamis lalu, terdapat temuan ular kobra di wilayah Desa Gajah, Kecamatan Baureno, Kabupaten Bojonegoro. Temuan serupa juga sempat terjadi di daerah lain, seperti Jombang, Surabaya, Jember, dan Lumajang. [feb/rom]