Gelar Diklat Jurnalistik, LPM Unirow Cetak Kader Produktif Menulis

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Waskita Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, selama dua hari 8-9 November 2019 menggelar diklat jurnalistik di Gedung I3. Salah satu tujuan kegiatan ini yakni, mencetak kader muda produktif menulis berita.

Diklat dibuka langsung pembina LPM Waskita, Suantoko. Dalam sambutannya, laki-laki yang akrab disapa Antok ini meminta para peserta untuk bangga mengikuti kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang konsen dalam bidang jurnalistik.

"Tak kalah pentingnya harus niat serius untuk belajar menulis berita," terang budayawan asal Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding.

Usai pembukaan, selama dua jam peserta langsung diajak menulis berita dan teknik wawancara oleh reporter media siber blokTuban.com. Setelah pembekalan materi unsur berita 5W dan 1 H, peserta langsung ditantang menulis berita diklat dengan diawali wawancara panitia.

Disambung materi fotografi jurnalistik oleh fotografer Jawapos Radar Tuban, Canggih Putranto. Selain berita, materi features juga diajarkan ke peserta yang disampaikan oleh Suantoko. Materi antropologi kampus dirasa penting sebagai bekal anggota muda LPM, yang disampaikan dosen Ilmu Komunikasi, Nibrosu Rohid.

"Materi lain ada teknik persidangan, sejarah LPM dan keorganisasian, dan layout," sambung Pimpinan Umum LPM, Agung Adi Prasetia.

Agung menambahkan, output diklat ini menghasilkan kader APIK atau aktif, produktif, independen dan kritis. Aktif yang dimaksud harus update informasi baik di internal atau eksternal kampus. Produktif artinya rutin berkarya baik berita, feature, maupun opini.

"Jadi wartawan kampus tentu harus independen dan kritis supaya hasil karyanya maksimal," bebernya.

Ditegaskan, peluang kerja setelah berproses di LPM terbuka lebar. Jaringan alumni yang penulis saat ini berkiprah di Tempo, blokTuban.com, Timer.id, maupun Timesindonesia. Lainnya fokus di bidang pendidikan, wirausaha, dan lain sebagainya. [ali/rom]