15:00 . Bupati Halindra Tantang Atlet Tenis Meja   |   14:00 . PTMSI Gelar Kejuaraan Tenis Meja Porkab VI Tuban   |   13:00 . Nyaris Tertimpa Warung yang Ambruk   |   12:00 . Kades Tegalbang Minta Ada Riset, DLH: Peta Gas Tuban hanya di Sumber Merakurak   |   11:00 . Ketiga Kalinya Gas Keluar dari Galian Sumur Warga Desa Tegalbang   |   10:00 . Lebih Hemat Pakan, Peternak Lele di Tuban Berbagi Trik ke Pemula   |   09:00 . Manfaatkan Tradisi Ritual di Makam Wali untuk Kampanye Vaksinsasi   |   08:00 . Update Corona di Tuban Tambah 3 Kasus Positif Baru   |   07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   21:00 . Langganan Banjir, Ini Kata Perangkat Desa Magersari   |   20:00 . Banjir di Pusat Kota Tuban, Bupati Sebut Sudah Ada Penanganan Konkrit   |   19:00 . Dam Deker Jebol, Puluhan Rumah Warga Simo Terendam Banjir   |   18:00 . Efektif, Kampanye Vaksin Saat Ritual Dawetan Bejagung   |   17:00 . Desa Klutuk Tambakboyo Diterjang Puting Beliung, Bangunan Rumah hingga Warung Hancur   |   16:00 . Surati Gubernur Jatim, Buruh Tuban Tolak Penerapan PP 36 Tahun 2021 di UMK 2022   |  
Sat, 27 November 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Gelar Diklat Jurnalistik, LPM Unirow Cetak Kader Produktif Menulis

bloktuban.com | Friday, 08 November 2019 13:00

Gelar Diklat Jurnalistik, LPM Unirow Cetak Kader Produktif Menulis

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Waskita Universitas PGRI Ronggolawe (Unirow) Tuban, selama dua hari 8-9 November 2019 menggelar diklat jurnalistik di Gedung I3. Salah satu tujuan kegiatan ini yakni, mencetak kader muda produktif menulis berita.

Diklat dibuka langsung pembina LPM Waskita, Suantoko. Dalam sambutannya, laki-laki yang akrab disapa Antok ini meminta para peserta untuk bangga mengikuti kegiatan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang konsen dalam bidang jurnalistik.

"Tak kalah pentingnya harus niat serius untuk belajar menulis berita," terang budayawan asal Desa Genaharjo, Kecamatan Semanding.

Usai pembukaan, selama dua jam peserta langsung diajak menulis berita dan teknik wawancara oleh reporter media siber blokTuban.com. Setelah pembekalan materi unsur berita 5W dan 1 H, peserta langsung ditantang menulis berita diklat dengan diawali wawancara panitia.

Disambung materi fotografi jurnalistik oleh fotografer Jawapos Radar Tuban, Canggih Putranto. Selain berita, materi features juga diajarkan ke peserta yang disampaikan oleh Suantoko. Materi antropologi kampus dirasa penting sebagai bekal anggota muda LPM, yang disampaikan dosen Ilmu Komunikasi, Nibrosu Rohid.

"Materi lain ada teknik persidangan, sejarah LPM dan keorganisasian, dan layout," sambung Pimpinan Umum LPM, Agung Adi Prasetia.

Agung menambahkan, output diklat ini menghasilkan kader APIK atau aktif, produktif, independen dan kritis. Aktif yang dimaksud harus update informasi baik di internal atau eksternal kampus. Produktif artinya rutin berkarya baik berita, feature, maupun opini.

"Jadi wartawan kampus tentu harus independen dan kritis supaya hasil karyanya maksimal," bebernya.

Ditegaskan, peluang kerja setelah berproses di LPM terbuka lebar. Jaringan alumni yang penulis saat ini berkiprah di Tempo, blokTuban.com, Timer.id, maupun Timesindonesia. Lainnya fokus di bidang pendidikan, wirausaha, dan lain sebagainya. [ali/rom]

Tag : pers, jurnalis kampus



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more