15:00 . Sidang Ketiga Dugaan Pelanggaran Administrasi PPS Tuban, Pelapor Bawa Seorang Saksi   |   14:00 . Gunung Api Karangetang Sulawesi Utara Berstatus Siaga   |   13:00 . Presiden Jokowi Ingatkan Tantangan Pers Hadapi Banjir Media Sosial   |   12:00 . Tempati Lahan KAI, 97 Bangunan di Surabaya Dibongkar   |   10:00 . Kumpulan Resep Membuat Telur Pindang, Sekali Buat Bisa Untuk Beberapa Hari   |   09:00 . Emas Antam Kembali Naik Rp.5000 Hari ini 9 Februari 2023, Full Stock!   |   08:00 . Tata Cara dan Kapan Bersiwak Seperti yang Dilakukan Rasulullah SAW   |   07:00 . Lirik Lagu Stasiun Balapan - Cover Denny Caknan, Kuto Solo Sing Dadi Kenangan   |   21:00 . Kepepet Kebutuhan Sehari-hari, Purnawirawan Polisi di Tuban Nekat Mencuri Motor   |   20:00 . Bawaslu Tuban Bacakan Hasil Sidang Kedua Dugaan Pelanggaran Rekrutmen Anggota PPS Montong   |   19:00 . Keren, Anak Muda di Tuban Buat Suplemen Penambah Nafsu Makan Hewan   |   18:00 . Eks Karyawan Hotel Purnama Tak Terima Pesangon, Disnakerin Tuban Sarankan ke Jalur Hukum   |   17:00 . Mahasiswa KKN Unang Tuban Dampingi UMKM Panyuran Terbitkan NIB   |   16:00 . Pasokan Berkurang, Harga Cabai Rawit di Tuban Tembus Rp70 Ribu Per Kilogram   |   15:00 . Dihuni 250 Penduduk, Ini Kondisi Dusun Terluar di Tuban   |  
Thu, 09 February 2023
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Kades Jadi Didemo Ratusan Warga

bloktuban.com | Monday, 28 October 2019 10:00

Kades Jadi Didemo Ratusan Warga

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Kepala Desa Jadi, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban, Munir pada Senin (28/10/2018) didemo ratusan warganya di kantor desa setempat.

Petinggi desa diminta netral dan memihak kepentingan rakyat, dalam kegiatan survei seismik 3D Blok Tuban Pertamina Hulu Energi Tuban East Java (PHE-TEJ).

Perwakilan warga Jadi, Alim Mutamam menegaskan, kedatangan warga ke balai desa hari ini merupakan inisiatif sendiri bukan undangan sosialisasi seismik. Warga sepakat menolak ada kegiatan pencarian cadangan sumber minyak tersebut.

"Kami menolak seismik karena tak pernah ada sosialisasi," ujar Alim di hadapan Muspika Semanding, Pemdes Jadi, Dinas Lingkungan Hidup dan PHE TEJ.

Penolakan warga bukan tanpa sebab. Di desa lain yang telah berlangsung seismik, terjadi kerusakan misalnya di Desa Talun, Pucangan Kecamatan Montong, maupun Padasan dan Karanglo Kecamatan Kerek.

Lebih dari itu, adanya sumber air yang mati setelah seismik misal di Dusun Tileng Desa Talun, dan Dusun Gaplok Desa Jetak. Dari kejadian di desa lain, warga Jadi minta kegiatan seismik dihentikan.

"Kami menyayangkan Pemdes, kenapa tak ada sosialisasi terlebih dahulu sebelum ada kegiatan," terangnya.

Warga juga meminta kejelasan dari PHE dan Pemdes soal penghitungan lahan yang menjadi lokasi seismik. Tak kalah penting, warga menyayangkan suara Sekdes Astro yang akan menutup lokasi tambang rakyat.

Menanggapi tuntutan warganya, Kades Munir menjelaskan, jika sosialisasi seismik telah dilakukan pada 22 Agustus 2019. Waktu itu karena ada acara keluarga, pihaknya pulang dari kantor sekitar pukul 13.00 Wib. Setelah itu dilanjutkan sosialisasi seismik.

"Sosialisasi sudah dilakukan PHE. Setuju dan tidak setuju adanya seismik silahkan sampaikan ke Pemkab, Muspika Semanding maupun PHE," pinta Kades Munir.

Sementara Sekdes Jadi, Astro menampik jika pernah berstatemen soal penutupan tambang kumbung. "Siapa yang bilang mau menutup. Kita belum tahu seismik seperti apa," tegasnya.

Setelah dua pejabat desa menanggapi, perwakilan warga masih menyampaikan tuntutannya.

Dalam kesempatan yang sama, Camat Semanding, Danarji mengatakan, setelah dijelaskan oleh pertamina, jika ada yang dikhawatirkan silahkan tanyakan.

Survei ini dalam rangka untuk mendapatkan kecukupan BBM. Tugas dari Pertamina untuk mencari sumber baru migas, karena kebutuhan orang saat ini tak terlepas dari BBM.

"Andai kata sehari SPBU tutup atau tidak ada suplay tentu masyarakat akan ramai. Oleh karena itu, Pemerintah menugaskan Pertamina untuk mencari sumur baru minyak," sambung mantan Camat Bancar.

Pemkab berpesan kepada Pertamina untuk tidak merugikan masyarakat. Sekaligus tetap memperhatikan kepentingan masyarakat. Di sisi lain, selama tidak dirugikan masyarakat diharapkan untuk mendukung.

"Pertamina harus mendengar saran masukan yang baik dari warga Jadi," jelasnya.

Apa saja sampaikan ke Pertamina supaya bisa berhati-hati. Sekaligus menjelaskan detail apa itu survei seismik 3D. [ali/rom]

Tag : demo jadi, kades, migas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Tuesday, 07 February 2023 10:00

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat

    Membangun Kesejahteraan dan Ekonomi Masyarakat Manusia merupakan makhluk sebagai pelaku utama di dalam yang namanya lingkungan, dimana manusia tidak lepas dari kebutuhan untuk hidup dan tergantung dari kondisi lingkungan tempat dimana ia berada....

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat