15:00 . Ini Perbandingkan Jumlah Jabatan Kosong SOTK Lama dan Baru di Tuban   |   14:00 . Kadinkes Belum Tahu Jumlah Warga Tuban Penerima Vaksin Booster Covid-19   |   13:00 . DPRD Kecewa, Pemkab Telat Beri Data Rapor Kinerja ASN Non Job   |   12:00 . Konsisten Selama Lima Tahun, NFT Foto Selfie Ghozali Terjual Hingga Miliaran   |   10:00 . Berikut Cara Agar Tanaman Hidroponik Tumbuh Subur   |   07:00 . Hubungan Toksik dan Ciri-Cirinya   |   12:00 . Cicipi Lezatnya Olahan Becek Mentok Pedas Khas Tuban Yang Getarkan Lidah   |   11:00 . Musim Hujan Jadi Tantangan Utama Pengrajin Gerabah Tuban   |   10:00 . Tingkatkan Kapasitas SDM, IAINU Tuban Gelar Bimtek Pengelolaan Kampus   |   09:00 . Sit With Emotion, Salah Satu Cara Memanajemen Quarter Life Crisis   |   08:00 . Terima Asimilisasi, 20 WBP Bisa Jalani Hukuman di Rumah   |   08:00 . Terima Asimilisasi, 20 WBP Bisa Jalani Hukuman di Rumah   |   07:00 . Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Ini 6 Tanda Pola Asuh Anda Buruk!   |   18:00 . Tahun Ini, BUMDes Compreng Rencanakan Tambah Unit Usaha   |   17:00 . Jalin Silaturrahmi Dengan Tokoh Agama, Kapolres Tuban Sambangi Ponpes Manbail Futuh   |  
Sun, 16 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Penurunan Stunting Jadi Tolak Ukur Keberhasilan Gemarampai

bloktuban.com | Wednesday, 09 October 2019 14:00

Penurunan Stunting Jadi Tolak Ukur Keberhasilan Gemarampai

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Bupati bersama Wakil Bupati Tuban mencanangkan Gerakan Makan Telur dan Minum Susu Bagi Putra-Putri Indonesia (Gemarampai) Kabupaten Tuban tahun 2019, di lapangan 17 Agustus Kecamatan Bangilan, Rabu (09/10/2019).

Dalam pencanangan Gemarampai ini turut hadir sejumlah pimpinan OPD terkait, Camat dan Forkopimka Bangilan, dan diikuti siswa TK/RA dan wali siswa se-Kecamatan Bangilan.

Bupati Tuban, Fathul Huda memberikan apresiasi setinggi-tingginya penyelenggaraan Gemarampai. Kegiatan ini sekaligus Expose Pengolahan dan Pemasaran Produk Hasil Peternakan di Bumi Wali Tuban.

Gemarampai menjadi stimulan dan pendorong bagi orang tua agar memberikan anak makanan cukup gizi. Hal ini selaras dengan program prioritas pemerintah dalam rangka penguatan sumber daya manusia (SDM). Penguatan SDM ini dapat meningkatkan pengelolaan potensi di Kabupaten Tuban.

"Sehingga memiliki generasi unggul yang dapat dimaksimalkan sumberdaya alam dengan baik meningkatkan ekonomi serta memajukan kabupaten tuban," terang Bupati dua periode.

Pembangunan SDM, lanjut Bupati kelahiran Montong ini, dimulai sejak anak berumur 0-12 tahun. Pada umur tersebut, anak-anak dalam usia prioritas sehingga orang tua harus memberikan asupan makanan sehat dan bergizi.

Orang nomor satu di Bumi Wali ini menginstruksikan OPD terkait agar bersinergi dan memberikan sosialisasi terkait kecukupan gizi dengan bahasa yang mudah dimengerti masyarakat.

"Bila perlu disediakan selabaran atau pamflet yang berisi berbagai alternatif menu makanan bergizi lengkap dengan kandungan gizinya, yang dapat dipilih untuk dimasak keluarga," imbuhnya.

Muhtasyar NU ini menekankan, agar kegiatan ini tidak hanya seremonial saja, tetapi ada tindak lanjut pasca kegiatan. Pemkab Tuban juga melakukan evaluasi terkait output dari kegiatan ini. Salah indikatornya adalah angka kecukupan gizi, tingkat konsumsi daging, susu, dan telur, serta penurunan penderita stunting.

Bupati Huda juga menerangkan, pemenuhan gizi bagi ibu dan anak akan menghindarkan potensi anak menderita stunting. Karenanya orang tua harus memahami jenis-jenis makanan bergizi yang dikonsumsi.

"Orang tua harus memahami mengenai makanan bergizi untuk anak. Sehingga anak tumbuh dengan sehat dan cerdas serta dapat membanggakan orang tua," serunya.

Untuk diketahui, sebelum melakukan pencanangan Gemarampai Kabupaten Tuban tahun 2019, Bupati bersama Wabup dan OPD melakukan kunjungan ke keluarga yang memiliki anak penderita stunting di desa Bangilan.

Usai melakukan pencanangan, Bupati dan Wabup melakukan Dialog/Audiensi dengan tokoh masyarakat dan agama di Pendopo Kecamatan Bangilan. Pada kegiatan Dialog/Audiensi juga diserahkan berbagai bantuan hibah Pemkab Tuban kepada para penerima. [ali/rom]

Tag : stunting, kekurangan gizi, balita, anak



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more