Penuhi Nazar, Kader IPNU Kota Surabaya Jalan Kaki ke Jakarta

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Muhammad Zainul Arifin (29), seorang Kader Ikatan Pelajar Nahdlotul Ulama (IPNU) Kota Surabaya, berjalan kaki dari Kota Surabaya, Jawa Timur menuju Kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Jakarta.

Kegiatan jalan kaki yang dimulai tepat di Hari Ulang Tahunya ke 29 tersebut, sebagai bentuk rasa syukur atas ditetapkannya tanggal 22 Oktober ​​​​​​​sebagai Hari Santri, sekaligus untuk menepati nazarnya usai ​​​​​​​purna dari kepengurusan PC IPNU Kota Surabaya.

"Saya berjalan kaki dari Surabaya menuju Kantor PBNU di Jakarta ini sebagai bentuk ungkapan terima kasih kepada pemerintah yang telah​​​​​​​ menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri," kata Zainul saat ditemui blokTuban.com di kawasan Kecamatan Semanding, Tuban.

Di samping itu, lebih lanjut pria asal Kelurahan Rungkut Kidul, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya tersebut mengatakan, jika sebelumnya dia pernah bernazar akan berjalan kaki menuju ke PBNU di Jakarta pasca purna dari kepengurusan IPNU Kota Surabaya.

"Ini bentuk pembuktian nazar saya ketika masih menjadi pengurus PC IPNU Surabaya. Saat itu saya bernazar setelah purna dan mengabdi selama 10 tahun di IPNU saya akan ​​​​​​​berjalan kaki ke PBNU," tandasnya.

Lebih lanjut, sebagai bagian dari pelajar NU apa yang dilakukanya tersebut merupakan sebuah napak tilas. Menurutnya, perjuangan jalan kaki ke PBNU di Jakarta belum seberapa ​​​​​​​bila dibandingkan perjuanganan para kiai dan santri terdahulu.

"Perjalanan ini untuk mengingatkan perjuangan para santri terdahulu. Dan ini belum ada seberapanya dibanding perjuangan para santri zaman dulu," pungkasnya.

Informasi yang dihimpun blokTuban.com, selama berjalan kaki dari Surabaya menuju Jakarta, disetiap Kota maupun Kabupaten yang dilewatinya, dia akan disambut dan dikawal oleh Pimpinan Cabang (PC) IPNU kota maupun kabupaten setempat.

Sekadar diketahui, pemberangkatan Zainul dari Kantor PCNU Kota Surabaya dilakukan pada Selasa (17/9/2029) kemarin. Pemberangkatan dilakukan oleh Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Surabaya KH Muhibbin Zuhri serta Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Surabaya Abul A´la Al-Maududi.[hud/col]