09:00 . STNK Rusak atau Hilang, Siapkan 6 Syarat Ini Sebelum Mengurusnya di Samsat Tuban   |   08:00 . Ini Rangkaian Bengawan Jazz Festival 2022 di Lamongan, Dimeriahkan Musisi Asal Bandung dan Lokal   |   07:00 . Prediksi BMKG Cuaca di Tuban 10 Agustus 2022: Pagi Sebagian Berawan, Siang sampai Malam Hujan Ringan   |   06:00 . Potret Ritual Tuku Banyu Nggawan Kebomlati di Tuban   |   05:00 . 10 Balita di Tuban Dimandikan di Sungai Bengawan Solo, Bakar Sajen lalu Diberi Paha Ayam Goreng   |   23:59 . Cek Namamu di Link Pemilu Ini, Lapor ke Bawaslu Tuban Jika Merasa Dicatut Partai Politik   |   23:00 . Telepon, Alamat, dan Harga Hias Sepeda Maskot Karnaval dan Pengiring di Tuban   |   21:00 . Honor Petugas Badan Ad Hoc Pemilu 2024 Setara UMK Tuban   |   20:00 . Tak Merasa Ikut Partai Politik, 3 Warga Tuban yang Namanya Dicatut Lapor Bawaslu   |   19:00 . Mengintip Pembuatan Kostum Karnival di Tuban Seharga Ratusan Ribu hingga Jutaan Rupiah   |   18:00 . Sosok Ipda Kistelya Pratayama Ray, Perempuan Asal Riau yang Suka Becek Mentok Khas Tuban   |   17:00 . BMKG Prediksi Cuaca di Tuban 9 Agustus 2022: Malam Hari Hujan Ringan   |   16:00 . Literasi Sekolah Anak, Pemuda Tuban Ini akan Safari ke 50 Sekolah di Jawa Timur   |   15:00 . Tumbuhkan Minat Baca Tulis Pelajar, Gerakan Safari Literasi akan Menyasar Sekolah dari Tuban hingga Madura   |   14:00 . Warga Desa Wukiharjo Tuban Ramai-ramai Bikin Nugget dan Jamur dari Jagung, hingga Bouket   |  
Wed, 10 August 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Buka Bursa Inovasi Desa 2019, Bupati Tuban Tekankan 3 Unsur

bloktuban.com | Wednesday, 04 September 2019 13:00

Buka Bursa Inovasi Desa 2019, Bupati Tuban Tekankan 3 Unsur

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Bursa Inovasi Desa (BID) di Kabupaten Tuban terselenggara dua kali. Tahun 2019 ini, Bupati Tuban, Fathul Huda berkesempatan membuka langsung di zona I bertempat di Gedung Graha Sandya Tuban, Rabu (4/9/2019). 

BID yang digelar TPID bersinergi dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Desa, dan Keluarga Berencana (Dippemas dan KB) Tuban ini, di zona I diikuti 342 orang dari 114 desa dari 7 kecamatan. 

Hadir pula Kepala Dippemas dan KB, Camat Merakurak, Jenu, Tambakboyo, Tuban, Semanding, dan Palang. Sekaligus Kades, BPD dan tokoh masyarakat setempat. 

Diawali penampilan tari Miyang khas Kabupaten Tuban, Ketua BID zona 1, Herman Susanto mengatakan giat ini merupakan forum pertukaran inovasi desa. Diantara tujuannya untuk mewujudkan agenda Nawacita dalam RPJM 2015-2019. 

"BID juga mendorong penggunaan Dana Desa (DD) yang berkualitas, efektif, dan efesian melalui program pemberdayaan masyarakat yang inovatif dan lebih peka kebutuhan warga," kata Herman dalam laporannya. 

Di kesempatan yang sama, Bupati Fathul Huda mengapresiasi terselenggaranya BID tahun 2019. Jumlah penduduk semakin meningkat. Tuban saat ini sudah 1,3 juta jiwa. Kalau dunia kurang lebih 8 miliar orang. 

Ini semua punya konskuensi. Alam sudah tua sering sakit. Efek dari jumlah penduduk semuanya butuh tempat, sehingga luasan lahan akan berkurang. Semuanya butuh pangan, pelayanan, dan pekerjaan. Ini tak bisa diatasi tanpa adanya terobosan. 

"Di sini kuncinya ada inovasi. Kalau alam sudah tua, tak mungkin melakukan peremajaan lagi. Kita dituntut inovasi misalnya biopori tanah, mengatur saluran pembuangan, dan memaksimalkan potensi SDA," kata Bupati kelahiran Montong. 

Di tingkat desa, lanjut Bupati dua periode menambahkan semuanya kepala desa di Tuban muda dan energik. Ujung pembangunan ada di desa, dan Kades penting kedudukannya di kabupaten karena kabupaten tak bisa apa-apa tanpa peran petinggi. 

BID ini maksudnya kita saling belajar, dari desa satu dengan yang lainnya. Bagaimana mengadopsi cara terbaik, tentang keuangan, pemberdayaan SDM maupun infrastruktur. 

Ada tiga unsur penting inovasi, meliputi Infrastruktur, pemberdayaan masyarakat, dan peningkatan ekonomi. Ketiganya harus direalisasikan oleh setiap desa. 

"Saya akan mengunjungi tiap desa untuk melihat inovasinya. Jika kurang maksimal akan kita beri masukan," tegas tokoh karismatik NU Tuban. 

Bupati yang rutin berdakwah ini, menyebut inovasi yang diwajibkan setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dan Camat telah berbuah Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) meningkat di atas 80. Pemkab menginginkan sangat bagus untuk IKM Tuban. 

Saat ini perlu pelayanan publik yang harus diperhatikan. Kalau Rumah Sakit yang dilayani bukan hanya yang sakit, tapi juga yang mengantar. Sekaligus yang ingin konsultasi.

Di Kecamatan juga harus menyiapkan lokasi ramah anak dan bebas rokok bagi ibu hamil. Bukan hanya pelayanannya saja, tapi fasilitas penunjangnya juga diperhatikan. 

Kepala Dippemas dan KB Tuban, Mahmudi juga telah bersinergi dengan TPID, untuk mendorong desa berinovasi. BID inilah wadahnya, setiap bisa bisa meniru inovasi yang dapat diaplikasikan di wilayahnya. 

"Inovasi infrastruktur memang penting, tapi peningkatan kualitas SDM dan mutu juga jangan dikesampingkan," sambung Mahmudi. 

Inovasi jimpitan sampah dan hasil laut Socorejo, Jenu bagus ditiru dan semua desa mampu untuk itu. Begitupula pengembangan wisata Sendang Asmara di Desa Ngino, Semanding. Dari sini pendapatan desa dan ekonomi warga terkerek. 

"Ini yang kami harapkan. Dan desa tak ada alasan lagi tidak ada anggaran. Komitmen hari ini harus dibahas dalam Musyawarah desa kemudian dianggarkan dan direalisasikan," tutupnya. [ali/ito]

Tag : bursa, inovasi, desa, 2019



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 07 August 2022 15:00

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda

    Musim Kemarau Tiba, Siapkan Diri Anda Setiap pagi hari sejak sebulan lalu, kita sering merasakan dingin. Rasa dingin terasa lebih kuat saat menjelang pagi hari. Hal tersebut merupakan tanda terjadinya masa pancaroba atau bisa disebut dengan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat