19:00 . Wasit Keluarkan 2 Kartu Merah, Tim Salafiyah Kholidiyah Plumpang Lolos FInal   |   18:00 . Nurul Qur’an Bancar Kebobolan 8 Gol, Kesebelasan Mutholibul Huda Jenu Lolos Final   |   17:30 . Trending! Nathalie Holscher Gugat Cerai Sule, Putri Delina Disebut Biang Keladi   |   17:00 . Manganan di Gedongombo Tuban : Berharap Tanaman Lebih Subur   |   16:00 . Tumpah Ruah 1.700 Warga Gedongombo Tuban Manganan di Makam Syeh Maulana Iskhak Al-Maghribi   |   15:00 . Persiapan Wukuf, Jemaah Haji Asal Tuban Mulai Geser ke Arafah   |   14:00 . Harga Bawang Putih di Tuban Naik Ikuti Bawang Merah, Hampir Setara Minyak Goreng Kemasan   |   13:00 . 10 Destinasi Wisata di Tuban Pas Banget Buat Liburan Idul Adha, Buruan Piknik!   |   12:00 . Meraup Cuan dari Usaha Tusuk Sate Jelang Idul Adha di Tuban   |   11:30 . Tusuk Sate Tuban, Usaha Keluarga Sejak 1987   |   11:00 . Ramalan Shio 7 Juli 2022: Bisa Jadi yang Kalian Butuhkan Adalah Healing!   |   10:30 . Bakal Tusuk Sate di Tuban Dijemur Sehari   |   10:00 . Lowongan Kerja Lulusan SMA hingga S1 Ada 10 Formasi di PT Indofood Group   |   09:30 . Kampung Tusuk Sate di Tuban   |   09:00 . Prestasi Tuban di Porprov Jatim VII Melesat, Mas Bupati Turun Langsung hingga Atlet Pecahkan Rekor   |  
Thu, 07 July 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Berantas Tengkulak, BUMDes Ini Siap Beli Gabah Petani

bloktuban.com | Friday, 12 July 2019 14:00

Berantas Tengkulak, BUMDes Ini Siap Beli Gabah Petani

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Keberadaan tengkulak memiliki dua mata sisi bagi petani. Satu sisi mampu menyediakan modal awal, dan di sisi lain mampu mengontrol harga hasil panen petani sesuai keinginannya.

Dari kondisi tersebut, Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Maju Mandiri Sejahtera Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban, ingin menjadi lumbung padi desa. Sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya petani.

Setelah melalui beberapa tahapan, hari ini produk beras dari BUMDes Socorejo sudah bisa dinikmati dan akan dijual untuk masyarakat sekitar.

Kepala Desa Socorejo, Arief Rahman Hakim mengatakan, dengan harga per 10kg Rp93.000, beras kelas medium ini juga akan dipakai untuk program Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang tiap bulan dibagikan untuk masyarakat.

"BUMDes akan membeli padi hasil tani masyarakat Socorejo dengan harga yang lebih baik dari tengkulak," ucap Kades Arief ketika dihubungi blokTuban.com, Jumat (12/7/2019).

Kang Arief menambahkan, wilayahnya memiliki tiga tipe sawah. Mulai sawah irigrasi 1/2 teknis seluas 158 hektare, sawah tadah hujan 27 hektare, dan sawah pasang surut 58 hektare. Jika kebutuhan air tercukupi, per hektar bisa menghasilkan 1,5 ton beras.

Lebih dari itu, kebutuhan beras untuk BPNT Socorejo per bulan mencapai 1,2 Ton. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, BUMDes bakal bekerjasama dengan Gapoktan maupun Poktan untuk mengoptimalkan hasil panen petani setempat.

"Jadi untuk BPNT saja BUMDes bisa nyerap 1,2 ton per bulan," terang alumnus PMII Yogyakarta ini.

Data blokTuban.com menyebutkan, untuk Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Desa Socorejo ada sekitar 186 KK Non PKH. Sedang untuk penerima PKH sebanyak 126 KPM.

Bagi keluarga Pra Sejahtera mulai tengah tahun 2018 telah menerima BPNT sebesar Rp110.000/bulan. Program yang dulu bernama Program Raskin (Beras Miskin) atau Rastra ini, bertujuan meningkatkan ketahananan pangan keluarga miskin supaya kehidupannya semakin layak. [ali/rom]

Tag : desa socorejo, bumdes, gabah, beras, padi, petani tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat