Liburan ke Tuban Jangan Lewatkan Oleh-oleh Ikan Asap

Reporter : Ali Imron

blokTuban.com - Lebaran Idul Fitri 1440 H semakin dekat. Pertanda waktu liburan pun segera tiba. Jika sedang liburan di Kabupaten Tuban, jangan sampai terlewat untuk membeli oleh-oleh khas ikan asap.

Pusat ikan asap berada di Jalan PB. Sudirman Kelurahan Karangsari, Kecamatan Kota. Mudah untuk menemukannya karena berada di ditepi jalan nasional Pantura. Saat ini lebih mudah ditemukan karena disediakan lapak khusus di halaman Plaza Ikan Tuban.

Harga ikan asap di Tuban tergolong murah. Untuk ikan Dorang Rp25 ribu, Tongkol 20 ribu. Kakap Merah, Bawal Rp7.500. Ikan Pe 5000, Salmon Rp12.500, dan Tuna Rp30.000.

"Besok saat mudik mulai ramai. H-3 lebarsn mulai ramai pembeli. Saat pemudik banyak, akan pindah jualan ke tempat lama yakni di tepi jalan," ucap Pedagang Ikan Asap, Suciati kepada blokTuban.com, Kamis (30/5/2019).

Seperti tahun sebelumnya, kalau mudik banyak yang beli ikan asal. Ramai habisnya banyak. Rata-rata pemburu ikan asap dari Surabaya, Jakarta, Gresik, Lamongan, Mojokerto dan sekitarnya.

"Saya mulai buka lapak pukul 10.00 sampai dengan pukul 19.00 WIB," terangnya.

Salah satu pembeli ikan asap, Sujojo mengaku dari Tuban mau ke Surabaya. Di Tuban kebetulan sedang menjenguk adiknya yang sakit. Sebelum kembali ke Surabaya mampir beli ikan asap sebagai oleh-oleh lebaran.

"Pasti beli ikan asap untuk keluarga jika melintas di Tuban," tutupnya. [ali/ito]