BMKG Tuban Usulkan Teropong Rukyatul Hilal untuk Kemenag.

Reporter: Nidya Marfis

blokTuban.com - Memasuki puasa ke 16, tepatnya hari ini Selasa (21/5/2019) Badan Meteorologi Klimotologi dan Geofisika (BMKG) Kabupaten Tuban dan Kabupaten Nganjuk berkunjung ke Kementerian Agama (Kemenag) Tuban. 

Kepala Stasiun BMKG Tuban,  Indra mengutarakan niat kedatangannya bertujuan untuk silaturahim dengan Kemenag Tuban dan juga koordinasi rencana pemasangan alat sensor genius dan pengusulan alat teropong guna keperluan rukyatul hilal .

"Niat kita berkunjung ingin melakukan silaturahim dan koordinasi, terkait alat sensor, " jelas Indra, kepala Stasiun BMKG Tuban.

Ia menjelaskan, bahwa kegiatan BHR yang dikomandani Kemenag ini sangat luar biasa dan memberikan dampak yang luas, namun sarana dan prasarana belum memadai.

Diharapkannya, ke depan dengan ditunjang alat yang lebih canggih dan lebih bagus,  selain bisa menjangkau lebih jauh dan juga bisa digunakan untuk streaming.

"Sehingga, proses langsung diketahui masyarakat," ungkapnya. 

Sementara itu Kepala Kemenag Tuban, Sahid mengatakan, sangat berterima kasih dan berharap apa yang menjadi niat dari tim BMKG Tuban dan Nganjuk segera terealisasi. Ia menambahkan,  berkat koodinasi yang intensif dan mantap dengan bapak Bupati dan Pemda berdiri lah  menara rukyatul hilal.

"Mudah-mudahan untuk teropong guna keperluan rukyatul hilal beserta sensor gempa bumi, segera menyusul," ungkap pria humoris ini. 

Ditemui di tempat yang sama, Penyelenggara Syariah, Mashari mengatakan, sangat senang mendengar kabar bahagia guna peningkatan peralatan rukyatul hilal,  yang mana tim BHR Kemenag Tuban memang belum mempunyai peralatan yang representatif.

"Sementara ini kami dalam pelaksanaan rukyatul hilal masih pinjam di PUPR," pungkasnya.[nid/col]