21:00 . Gubernur Khofifah: Jatim Berpeluang Isi Kebutuhan Perawat di Luar Jawa   |   19:00 . Update Corona Tuban: 2 Kasus Baru 1 Sembuh 0 Meninggal   |   18:00 . Selamatkan Sumber Air, Rumah Zakat Tuban Tanam Ratusan Bibit Pohon di Desa Jadi   |   17:00 . Luka-Luka, Korban Tabrak Lari di Temandang Jalani Perawatan di RSUD   |   16:00 . Skateboard, Olahraga yang Digandrungi Para Pemuda Tuban   |   15:00 . Sedekah Sampah, Program untuk Didik Anak Peduli Daur Ulang Sejak Dini   |   14:00 . Pemuda Bandungrejo Meriahkan Hari Pohon Nasional dengan Pentas Musik dan Tanam Pohon   |   11:00 . Gus Syafiq: Jangan Samakan Muktamar dengan Pemilu, Sudahi Isu Pertikaian   |   07:00 . Manfaat Butterfly Hug bagi Kesehatan Mental, Efektif Redakan Stres dan Kecemasan   |   20:00 . PSHT Tuban Peringati HJT ke728 dengan Festival Pencak Silat   |   19:00 . Cegah Kerusakan Lingkungan, Komunitas Sobat Bumi Unirow Lakukan Ini   |   18:00 . Porkab VI Bawa Nilai Tambah bagi Pelatih Drum Band   |   17:00 . Tagana dan KSB Ronggolawe Adakan Lomba Mewarnai   |   17:00 . Tumbuhkan Kreatifitas di Era Digital, PBSI Unirow Tuban Gelar Pelatihan E-Mading Bagi Pelajar   |   16:00 . Alat Berat Bantuan Pertamina EP Sukowati Field Percepat Perbaikan Tanggul Avour yang Jebol   |  
Mon, 29 November 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Telat Bayar THR, Pengusaha Didenda 5 Persen

bloktuban.com | Monday, 20 May 2019 10:00

Telat Bayar THR, Pengusaha Didenda 5 Persen

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Pemerintah Kabupaten Tuban membuka aduan Tunjangan Hari Buruh (THR) keagamaan 2019 bagi buruh dan pekerja diwilayahnya. Keluhan dapat disampaikan ke Bidang Hubungan Industrial Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPM PTSP dan Naker) di Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo Tuban. Bagi pengusaha yang telat membayar THR, akan dikenakan denda sesuai peraturan yang berlaku. 

Kepala Dinas PM PTSP dan Naker Tuban, Tajudin Tebyo menjelaskan menindaklanjuti surat edaran Gubernur Jatim Nomor 560/10.003/012.3/2019 tanggal 9 Mei 2019 perihal THR Keagamaan 2019, ada beberapa hal yang harus dipahami. Perusahaan wajib memberikan THR kepada pekerja/buruh yang sudah memiliki masa kerja 1 bulan terus menerus atau lebih kepada buruh atau pekerja yang memiliki hubungan kerja berdasarkan perjanjian kerja waktu tidak tertentu atau perjanjian kerja waktu tertentu.

"Besarnya THR sesuai ketentuan Pasal 3 ayat (1) Permenaker No. 6 tahun 2016 yaitu, buruh/pekerja yang bekerja setahun dapat THR sekali upah. Sedangkan bagi pekerja yang bekerja kurang dari setahun diberikan THR dengan hitungan masa kerja/12 kali sekali upah," ucap Tajudin Tebyo melalui surat yang diterima blokTuban.com, Senin (20/5/2019).

Bagi pekerja/buruh harian lepas yang bekerja 12 bulan, upah sebulan dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima dalam 12 bulan terakhir sebelum hari raya keagamaan. Bagi buruh yang bekerja kurang dari setahun, upahnya dihitung berdasarkan rata-rata upah yang diterima tiap bulan selama masa kerja. 

Lebih dari itu, bagi perusahaan yang menetapkan THR dalam perjanjian kerja, Peraturan Perusahaan (PP), Perjanjian Kerja Bersama (PKB), atau kebiasaan yang dilakukan lebih dari nilai THR keagamaan, maka THR dibayarkan sesuai PP, PKB, atau kebiasaan yang telah dilakukan. 

"THR wajib dibayarkan paling lambat tujuh hari sebelum hari raya keagamaan," jelasnya. 

Perlu dipahami pula, sesuai dengan ketentuan Pasal 10 ayat (1) Permenaker RI No. 6 tahun 2016, pengusaha yang telat membayar THR kepada buruh akan dikenakan denda sebesar lima persen dari nilai THR. Sekaligus harus dibayarkan sejak berakhirnya batas waktu kewajiban pengusaha untuk membayar. [ali/col]

Tag : thr, pekerja



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more