Bawang Putih Naik 100 Persen, Ini Pemicunya

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Menjelang Bulan Ramadan 2019, harga bawang putih di Kabupaten Tuban khususnya di Pasar Baru Jalan Gajah Mada naik 100 persen dari harga Rp30 ribu/ Kg. Sekarang salah satu bahan pokok bumbu dapur rumah tangga itu harganya mencapai Rp60.000 per kilogram, bahkan ada pedagang yang menjual Rp65.000 per kilogram. 

"Yang melonjak drastis hanya bawang putih," ucap pedagang Rumiatun kepada blokTuban.com, Jumat (3/5/2019).

Kenaikan bawang putih ini disebut Rumiatun baru dua hari terakhir. Kondisi ini disebabkan pasokan bawang yang kosong di pasar setempat. Melonjaknya harga bawang juga dirasakan beberapa pedagang lainnya. 

Seperti yang diungkapkan Siti Khodijah kepada Petugas Sidak Pangan Tuban. Karena pasokan kosong, dirinya harus menjual bawang putih Rp65.0000 per kilogram. 

"Naiknya baru kemarin," terang Siti. 

Kenaikan bawang putih diakui Kapolres Tuban AKBP Nanang Haryono. Satgas pangan diminta memantau perkembangan harga Sembako menjelang puasa. Diharapkan sehari menjelang Ramadan harga sudah berangsur normal. 

"Sidak ini bertujuan memantau harga kebutuhan pokok. Tanggal 5 Mei Kasatreskrim harus memastikan harga normal," pinta Kapolres kelahiran Bojonegoro itu. 

Selama Sidak, Kapolres beserta intansi lain seperti Diskoperindag, Dinas Pertanian, Dinas Peternakan, TNI, dan Bulog langsung memantau acak pedagang. Mulai dari bawang merah, telor, daging, beras, dan cabai harganya stabil. [ali/lis]