17:00 . Suzuki Baleno Kecelakaan Karambol Libatkan Dua Truk   |   16:00 . Jembatan Glendeng Resmi Ditutup, Pemotor Pilih Jalan Alternatif   |   15:00 . Jokowi Serukan Belanja Produk dan Wisata Dalam Negeri di Peluncuran Gernas BBI   |   14:00 . Hanya 2 Jam, 134 Anak di Tuban Selesai Dikhitan Massal   |   13:00 . PKL Taman Sleko Tuban Diminta Tak Ganggu Pengguna Jalan   |   12:00 . Ketakutan Warga Gesikharjo Sandarkan Kapalnya Dekat Makam Asmoroqondi   |   11:00 . Perbaikannya Habiskan APBD Milyaran Rupiah, Ternyata Ini 3 Alasan Penutupan Jembatan Glendeng Tuban   |   10:00 . Tahun 2022, Pemerintah Targetkan 1 Kematian per 1000 Jemaah Haji   |   09:00 . Wajib Tahu! 3 Aturan Baru Penulisan Nama Pada Dokumen Kependudukan   |   08:00 . Kesadaran Masyarakat Tentang Kesehatan Mulut dan Gigi Rendah, Dokter: Banyak Penyakit Mengintai!   |   17:00 . Pedagang Dari Luar Kota Turut Padati Gerbang Makam   |   16:00 . 2.620 Orang Ikuti Pawai Tarauf Haul Syekh Maulana Ibrahim Asmoroqondi   |   15:00 . PMK Sudah Masuk Tuban, Sampelnya Puluhan Sapi di Desa Wolutengah Kerek   |   14:00 . Usia 19 Tahun Pandai Berbisnis, Pemuda Plumpang Raup Cuan Jutaan Rupiah Setiap Bulan   |   13:00 . Ladang Pertanian di Pesisir Tuban Mendadak Jadi Danau, BMKG Turun ke Lokasi   |  
Sat, 21 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Coba Merangsek ke Gedung DPRD, Demo Hardiknas Nyaris Ricuh

bloktuban.com | Thursday, 02 May 2019 12:00

Coba Merangsek ke Gedung DPRD, Demo Hardiknas Nyaris Ricuh

Reporter: Nydia Marfis

blokTuban.com - Memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), Liga Mahasiswa Nasional Untuk Demokrasi (LMND) Cabang Tuban melakukan aksi turun jalan. Aksi nyaris ricuh ketika belasan mahasiswa mencoba merangsek masuk ke dalam Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Tuban namun dihalang-halangi oleh petugas yang berjaga, Kamis (2/5/2019).

Sekitar 20 mahasiswa yang tergabung dalam LMND berjalan kaki dari Perpustakan Umum, Jalan Sunan Kalijogo hingga ke Patung Letda Sucipto depan Kantor DPRD Tuban.  

Dalam aksi turun jalan ini ada beberapa tuntutan yang disampaikan di antaranya meminta kepada pemerintah daerah agar memberikan hak sepenuhnya atas kekayaan alam Tuban yang saat ini dikuasai negara. 

"Seperti adanya pabrik semen dan akan berdirinya kilang minyak terbesar di Tuban. Saat ini keberadannya tidak memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan di Tuban," ungkap Ketua LMND Cabang Tuban, Zainal Arifin. 

Lebih lanjut, pihaknya menyayangkan biaya pendidikan yang mahal dan banyaknya siswa yang putus sekolah. Hal itu jelas menjadi potret jika pemerintah setempat tidak mampu menjalankan roda pemerintahan dengan baik. Untuk itu mahasiswa menganggap Pemerintah Pusat harus lebih memperhatikan pendidikan di Kabupaten Tuban. 

Selain itu, dalam orasinya LMND juga mengkritisi kedua pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden (Capres-Cawapres) baik Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto dan Sandiaga Salahuddin Uno yang dinilai tidak menyinggung secara tegas soal perubahan haluan ekonomi dari liberal menuju haluan ekonomi berbasis kerakyatan. 

"Hal ini sudah tentu bakal menjadikan kedua calon presiden itu menjadi perpanjangan tangan bagi liberalisme. Nantinya akan berdampak pada pasifnya komersialisasi pendidikan di Indonesia," ungkapnya. 

Kericuhan nyaris terjadi saat LMND meminta bertemu dengan anggota DPRD akan tetapi para wakil rakyat tak kunjung datang. Meski demikian, aksi unjuk rasa kembali kondusif usai Ketua DPRD Tuban menemui mereka dan berjanji akan ikut mengawal tuntutan yang mahasiswa sampaikan. "Kami disini hanya untuk menyalurkan aspirasi masyarakat bersama, saya minta perwakilan rakyat yang saat ini duduk di DPRD Tuban agar keluar dan menemui kami, jangan hanya enak-enak duduk disana," ungkap Zainal. [nid/lis]  

Tag : demo, hardiknas



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more