21:00 . Tarik Investasi, SKK Migas Jadwalkan Konvensi Hulu Migas   |   20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tuban Butuh Perda Pengelolaan Pendapatan dari Industri Migas dan Pertambangan

bloktuban.com | Friday, 12 April 2019 11:00

Tuban Butuh Perda Pengelolaan Pendapatan dari Industri Migas dan Pertambangan

Oleh Hendri Kurniawan

*Direktur Eksekutif Trisakti Mining and Energy Research (TIMER) Institute

 

MESKI  mengalami penurunan sebesar 1,56 persen, Kabupaten Tuban masih menempati lima besar Kabupaten termiskin di Jawa Timur. 

Sebagaimana dilansir dari Suarabanyuurip, pada tahun 2018 kemarin, angka kemiskinan Kabupaten Tuban mencapai 178.640 jiwa atau sebesar 15,31 persen. 

Sebelumnya, pada tahun 2017, kemiskinan di Tuban menyentuh angka 16,87 persen dan tahun 2016 angkanya mencapai 17,14 persen. 

Sebagai daerah yang memiliki kekayaan sumber daya alam yang melimpah, angka kemiskinan sebesar itu tidak seharusnya terjadi. Jika dikelola dengan benar, SDA menjadi salah satu sumber kesejahteraan bagi mayarakat Tuban. 

Apalagi, Tuban merupakan salah satu daerah di Jawa Timur yang menjadi tujuan investasi dan kawasan industri besar, terutama industri tambang, minyak dan petrokimia. 

Sudah barang tentu, menjamurnya industri-industri besar berdampak pada kesejahteraan masyarakat setempat. Pasalnya, berdirinya industri membawa dampak pada peningkatan pendapatan daerah yang didapatkan dari penerimaan pajak serta kontribusi lainnya. 

Selain itu, berdasarkan ketentuan yang di atur dalam Undang-Undang Nomor 33 Tahun 2004 tentang Perimbangan Keuangan Pemerintah Pusat dan Daerah, penghasil SDA  berhak untuk mendapatkan Dana Bagi Hasil (DBH) yang bersumber dari APBN dan dialokasikan kepada daerah berdasarkan persentase tertentu dengan jumlah yang lebih besar daripada daerah lain. 

Perlu diketahui, dari pajak industri migas saja, hingga Juli 2018, pemerintah Kabupaten Tuban telah mendapatkan penerimaan sebesar Rp 17 miliar. Ditambah lagi, sepanjang tahun 2018 kemarin, industri migas juga menyumbangkan DBH sebesar Rp 61 miliar.

Pendapatan ini belum ditambahkan dengan kontribusi yang didapatkan dari industri pertambangan, industri petrokimia, serta industri lainnya.

Dengan pemasukan dari industri migas dan pertambangan yang lumayan besar, tentu aneh jika jumlah masyarakat miskin di Kabupaten Tuban masuk dalam lima besar di Jawa Timur. 

Berarti, ada yang salah dalam pengelolaan pendapatan yang diterima dari DBH industri migas dan pertambangan selama ini. 

Pentingnya Perda Pengelolaan Pendapatan dari Industri Migas dan Pertambangan

Dilansir dari Suarabanyuurip, selama ini Pemerintah Kabupaten Tuban dinilai masih belum transparan dalam pembagian DBH migas terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD). 

Hal itu ditengarai karena selama ini, data-data DBH yang dipublikasikan hanya data global terkait terkait APBD dan realisasi tahunan. 

Persoalan di atas menjadi salah satu contoh kasus yang dapat menjadi alasan betapa pentingnya pengaturan mengenai transparansi pengelolaan pendapatan yang bersumber dari industri migas dan pertambangan dalam bentuk Peraturan Daerah (Perda). 

Dengan adanya pengaturan melalui Perda, pengelolaan pendapatan dari industri migas dan pertambangan harus dibuat sedimikian rupa dengan menjunjung tinggi prinsip transparansi dan akuntabilitas. 

Transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan pendapatan sangat dibutuhkan agar penyalurannya dapat memberikan manfaat bagi pembangunan daerah, khususnya yang menyangkut kesejahteraan masyarakat. 

Peruntukan dan pemanfaatan pendapatan juga harus benar-benar dialokasikan pada sektor-sektor yang dapat meningkatkan kesejahteraan. 

Sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 33 UUD 1945 bahwa bumi, air, udara dan seluruh kekayaan alam yang terkandung di dalamnya harus digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. 

Migas dan tambang adalah kekayaan alam yang sangat strategis dan sangat vital karena menguasai hajat hidup masyarakat. Maka dari itu, pengelolaannya harus digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat. (*)

 

Tag : migas, tuban, bumi wali



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat