18:00 . Sidang Kedua Terdakwa Sabu Hotel Mustika, Saksi Polisi Diperiksa   |   17:00 . Menko Airlangga: Ada Empat Poin Penting untuk Pengembangan UMKM 2022   |   16:00 . Sidang Perdana Guru Spiritual Tuban Didakwa Setubuhi dan Cabuli Tiga Anak   |   15:00 . Penduduk Miskin Bertambah, KNPI Tuban Tawarkan Solusi ke Dinsos   |   14:00 . Juknis BOP RA Tahun 2022 Disosialisasikan, Ini Kriteria Siswa Penerima Bantuan   |   13:00 . Mahasiswa PMII Menuntut Pemkab Tuntaskan Kemiskinan di Tuban   |   12:00 . Perahu Nelayan Tradisional di Tuban Kota Tenggelam   |   11:00 . Tahun 2022, Jutaan Kelompok Rentan Terima Bansos, Mensos Pastikan Optimalisasi Peran Pendamping Sosial   |   10:00 . Peluang Usaha di Era Kekinian - Tuban Digital Forum   |   09:00 . Belalang Goreng, Kuliner Unik dengan Kandungan Protein Tinggi   |   08:00 . Mendag: Mulai Hari Ini Harga Minyak Goreng Rp14.000   |   07:00 . Masuk Musim Penghujan, Orangtua Yuk Kenali Gejala Demam Berdarah pada Anak!   |   20:00 . Sapa Warga Binaan di Lapas, Wabup Tuban Harap Setelah Bebas Warga Binaan Bisa Mandiri   |   20:00 . BUMDes Ngadirejo, Hadir untuk Tingkatkan Perekonomian Desa   |   19:00 . Polisi Pasang Imbauan Larangan Parkir dan Bermain di Jembatan TBT   |  
Wed, 19 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Popok Tak Cocok Jadi Media Tanam Buah

bloktuban.com | Friday, 08 March 2019 14:00

Popok Tak Cocok Jadi Media Tanam Buah

Reporter: Ali Imron

blokTuban.com - Masyarakat di Kabupaten Tuban, Jawa Timur mulai tahun 2019 diminta untuk tak membuang popok bayi sembarangan. Sampah yang sulit terurai tersebut kini bisa dimanfaatkan sebagai media tanam, karena memiliki daya resap air cukup tinggi.

Meskipun demikian, jangan coba-coba untuk tanam buah karena bisa mempengaruhi rasanya.

"Jangan dibuang karena popok tak bisa didaur ulang," ujar Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Tuban, Bambang Irawan, ketika dikonfirmasi blokTuban.com dalam acara bersih-bersih pantai dan penyerahan 50 dropbox popok dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional 2019 di pantai Jalan RE. Martandinata, Jumat (8/3/2019).

Kecuali buah-buahan, popok cocok dipakai untuk semua jenis tanaman. Jika dipakai di tanaman buah, dikhawatirkan zat-zat di popok masuk dan berpengaruh terhadap kandungan buah.

Solusi ini menjadi langkah realistis Pemkab dalam menanggulangi sampah popok. Mengingat mindset masyarakat masih percaya jika membakar popok berdampak buruk bagi kesehatan bayi.

"Ini tawaran dari kami, dari pada dibuang dan mengotori sungai lebih baik dijadikan media tanam," imbuh Bambang.

Lebih dari itu, Pemkab melalui Wabup Tuban, Noor Nahar juga membagikan dropbox ke perwakilan masyarakat pesisir Bumi Wali. Tempat sampah khusus popok tersebut berasal dari CSR PT Semen Indonesia (persero), PT Trans Pasific Petrochemical Indotama (TPPI), dan stakeholder lainnya.

Acara kali ini dalam rangka ajang silaturahim dan kerjasama dengan stakeholder, dan mengedukasi publik. Bersih-bersih pantai melibatkan 2.000 orang, yang bergerak mulai kawasan depan kantor Diskanak sampai Hotel Purnama. Lainnya langsung kerja di sekitar Sungai Mangunjoyo, Sugihwaras, dan Jenu. Mereka memungut sampah rumah tangga termasuk popok.

Pada kesempatan tersebut, nampak Wabup Noor Nahar Hussein, dan Sekda Budi Wiyana ikut terjun membersihkan sampah di pantai. Acara yang dimulai pukul 05.30 Wib berakhir pukul 07.30 Wib. Sampah yang terkumpul langsung diangkut menggunakan truk Dinas PRKP Tuban. [ali/rom]

Tag : laut, sampah, popok, tanam media popok



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more