12:00 . Tips Memulai Bisnis Bucket Snack Kekinian   |   10:00 . Relawan Tambakboyo Tuban Galang Bantuan Korban Erupsi Semeru   |   07:00 . Gejala Infeksi Luka Jahitan yang Wajib Diketahui dan Cara Menanganinya   |   20:00 . Jarak Luncur Guguran Lava Pijar Gunung Semeru 500-800 Meter   |   19:00 . Kelompok Informasi Masyarakat Tersosialiasi di 11 Kecamatan Tuban   |   18:00 . Puluhan Menu Tersaji di Festival Masakan Khas Tuban, Wakili Sisi Utara, Tengah dan Selatan   |   17:00 . Langkah Pemerintah Deteksi Omicron, Testing dan Tracing Perjalanan Internasional   |   16:00 . WHO Jelaskan Omicron, Kemenkes Minta Masyarakat Tidak Panik   |   12:00 . All Out Dukung Tim Kebanggaan, Suporter Persatu Tuban Adakan Gerakan Penggalangan Dana   |   11:00 . Alumni SMK TJP Tuban Perkuat Indonesia di Kompetisi Pengelasan Internasional¬†   |   10:00 . Pindah Tugas ke Banda Aceh, Dandim 0811 Tuban Letkol Inf Viliala Romadhon Pamitan   |   08:00 . Pengelolaan JDIH Tuban Masuk 10 Besar Terbaik Nasional   |   07:00 . Mengenal Tantrum Anak, Serta Bagaimana Cara Menanganinya   |   21:00 . Kemendag Pastikan Pasokan Kedelai Cukup untuk Natal dan Tahun Baru   |   20:00 . Pekerja yang Bekerja di Harus Terapkan Sistem Perlindungan   |  
Sun, 05 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Tradisi 'Pleret', Bentuk Syukur Berkah Tanaman Padi

bloktuban.com | Friday, 22 February 2019 13:00

Tradisi 'Pleret', Bentuk Syukur Berkah Tanaman Padi

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Wujud syukur atas berkah pada musim tanam padi, petani di Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban, mengadakan tradisi syukuran atau 'Pleretan', Jumat (22/2/2019). Pleretan pada tahun ini, sesuai penanggalan Jawa, jatuh pada Jumat Pon.

Sejumlah warga yang memiliki garapan padi, pada hari ke-40 selepas musim tanam mengadakan syukuran Pleret. Tradisi ini sudah berlangsung secara turun temurun sejak nenek moyang terdahulu, bertepatan ketika padi mulai berisi.

Tokoh masyarakat setempat, Karsono menuturkan, tradisi Pleret bertujuan untuk mengirimkan syukur ke pada Tuhan. Selain itu supaya terhindar dari segala jenis penyakit tanaman hingga panen nanti.

"Harapannya agar hasil panen padi mendapatkan berkah dan melimpah," ujar pria yang berprofesi sebagai guru tersebut.

Pleret merupakan sejenis panganan tradisional yang berbahan dasar beras. Yang merupakan simbol dari Sri atau padi. Mula-mula beras digiling dijadikan tepung dan diolah sedemikian rupa, hingga menghasilkan bentuk menyerupai kelopak bunga mawar. Tidak lupa makanan yang serupa bunga tersebut memiliki aneka warna cerah nan apik.

Warga lainnya, Yasemi (58) yang turut hadir dalam syukuran tersebut membawa senampan Pleret dan ada juga bermacam makanan lain. Di antaranya nasi kuning, nasi uduk, nasi tumpeng dan lauk pauk.

"Setelah dibacakan do'a akan saling bertukar isi nampan. Sebagian (Pleret) nanti akan dibuang ke sawah masing-masing," ujar perempuan ini dengan logat Bahasa Jawa.

Syukuran Pleretan digelar secara sederhana di musala desa setempat. Setiap warga yang datang membawa masing-masing nampan berisi Pleret dan makanan lain. Acara diadakan pada siang hari selepas Jumatan dan berlangsung secara guyub rukun. [feb/rom]

Tag : tradisi pleret, pleret



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more