20:00 . Peresmian Balai Seni Budaya Nusantara Tuban Dihadiri Nomo Koeswoyo   |   19:00 . Sigini Biaya Pasang Sambungan Baru Air PDAM Tuban Golongan I, II, dan III   |   18:00 . Women King dan Pamali Tayang di Bioskop NSC Tuban Hari Ini   |   17:00 . Tuban Tekno – Inkubasi Inovasi Tahun 2022 Resmi Ditutup   |   16:00 . Lirik Lagu HELLO - TREASURE Beserta Terjemah Bahasa Indonesia   |   15:00 . Beras di Tuban Turun, Telur Ayam Naik   |   14:00 . Sopir Mengantuk, Truk Pengangkut Ayam Terguling di Tuban Rugi Belasan Juta   |   13:00 . Habis Shubuh Rumah Warga Tuban Terbakar, Surat Berharga dan Uang Tunai Lenyap   |   12:00 . Lowongan Kerja Nakes di RS Muhammadiyah Babat untuk Bulan Oktober 2022   |   11:00 . Turun Rp5.000, Harga Emas Antam Dibanrol Rp957.000 Per Gram   |   10:00 . Doa Memohon Agar Memiliki Anak Berakhlah Terpuji   |   09:00 . Hasil Audit BKN Temukan Kesalahan Mutasi 530 Pejabat di Tuban, Ini Respon Jubir Pemkab   |   08:00 . Hebat! Koarmada II Pecahkan Rekor Muri Water Trappen di HUT ke-77 TNI   |   07:00 . Anak Usaha Pertamina Punya 17 Rumah Sakit di Jawa Timur, Terbanyak di Gresik   |   06:00 . Delapan Kecamatan di Tuban Berpotensi Hujan Petir Hari Ini   |  
Thu, 06 October 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

KKN PAR STAI AL Hikmah Berikan Pelatihan di Desa Tingkis

bloktuban.com | Wednesday, 13 February 2019 20:00

KKN PAR STAI AL Hikmah Berikan Pelatihan di Desa Tingkis

Pengirim:Fathonah Kasuw

blokTuban,com - KKN PAR (Partisipatory Action Research) STAI Al Hikmah Tuban 2019 kelompok Desa Tingkis, mengadakan Pelatihan Kewirausahaan dan Ketrampilan Handy Craft bagi ibu-ibu PKK Desa Tingkis Singgahan kabupaten Tuban. Kegiatan ini bertemakan "Peningkatan Produktifitas Sukun Menjadi Makanan Ringan". Kegiatan ini dihadiri mayoritas ibu-ibu PKK dan para perangkat desa.

Menurut PJ Kepala Desa Tingkis, Khoirul Ummah, desa itu subur dan mempunyai panorama yang indah dan alhamdulillah sudah ditingkatkan menjadi desa Pariwisata oleh Pemkab Tuban. "Namun kami belum mempunyai produk unggulan desa," ungkapnya.

Berkaitan itulah, mahasiswa KKN STAI Al Hikmah Tuban memberikan dampingan untuk membuat handycraft dari bahan bekas menjadi barang-barang yang bernilai jual. Seperti tas, tempat tissu, tempat minum gelas, keranjang baju kotor dll. Selain itu, mahasiswi KKN PAR STAI Al Hikmah Tuban 2019 Kelompok Desa Tingkis juga berkolaborasi dengan IDFoS Bojonegoro untuk memberikan pelatihan kewirausahaan dan Ketrampilan handycraft.

Tujuan diadakannya kegiatan ini menurut DPL KKN, Fathonah, untuk memberikan wawasan bagaimana membudidayakan hasil kebun sukun menjadi makanan ringan yang kreatif dan mempunyai nilai ekonomi tinggi. Dengan variatifnya pengolahan sukun menjadi makanan ringan, maka akan lebih diminati dan apabila untuk dikonsumsi sendiri juga tidak membosankan.

Menurut pemateri dari IDFoS, Laily Mubarokah, dan Indah Triwahyuni. Hasil dari pelatihan ini ditemukan puluhan jenis snack dari bahan sukun. Seperti kripik aneka rasa, stik, donat, cake sukun, pizza, brownis sukun, sambal kering sukun, nuget manis dan lain-alin. Termasuk sukun juga bisa dijadikan tepung sukun dan pucuk daun sukun bisa dijadikan teh yang fungsinya juga sebagai obat bagi gagal ginjal, jantung koroner dan gangguan hati. Di mana sukun mempunyai kandungan patinya 75%, glukosa 31%, protein 5% dan lemak 2%.

    

       

Tag : kknpar, stai, al hikmah, tuban, tingkis



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

  • Sunday, 02 October 2022 10:00

    Blok Cerpen

    Sang Penjaga Bumi

    Sang Penjaga Bumi Guruh, ia adalah seorang anak yang ditinggal oleh kedua orang tuanya. Sejak kedua orang tuanya berpisah ia tinggal bersama mbok Yam. Guruh dan mbok Yam hidup sebatangkara. Setiap harinya selalu berkelana, jalan-jalan...

    read more

Lowongan Kerja & Iklan Hemat