Rakor Kampung KB, Sekda: Tingkatkan Kualitas Hidup Masyarakat

Reporter: Khoirul Huda

blokTuban.com - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, dan KB (DPMD-KB) Kabupaten Tuban mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) Kampung KB bagi kepala desa di Kabupaten Tuban di ruang rapat lantai 1 Sekretariat Daerah Pemkab Tuban, Selasa (29/01/2019).

Dalam sambutannya Sekda Tuban Budi Wiyana menegaskan, program kampung KB ini mempunyai target pengendalian penduduk sampai dengan kesejahteraan ini sangat sinergis dengan program yang dicanangkan Bupati Tuban.

“Pemkab akan selalu mendukung, baik dari segi materi sampai yang lainnya,” ungkap Sekda dalam sambutannya.

Pada kesempatan itu Sekda juga menyampaikan perlu adanya kompetisi antar kampung KB yang bisa memotivasi untuk meningkatkan optimalisasi program keluarga berencana di Kabupaten Tuban. “Pada intinya bukan rewardnya, tetapi usaha untuk meningkatkan optimalisasi program KB," imbuhnya.

Dijelaskanya juga, bahwa desa-desa yang ditunjuk untuk menjadi Kampung KB nantinya akan digarap secara bersama-sama melalui lintas sektor sesuai dengan bidang teknisnya masing-masing. "Bapak dan Ibu penyuluh diharapkan dapat bersinergis dengan perangkat desa dan instansi terkait,” jelasnya.

Sementara itu, Kabid Pengendalian Kependudukan dan KB pada DPMD-KB Kabupaten Tuban Suwahyu Sunarto mengatakan, tujuan dilaksanakannya rapat koordinasi ini adalah memberikan edukasi kepada Kades tentang tujuan keberadaan Kampung KB.

Di Kabupaten Tuban setiap desa sudah dianggarkan pada APBDes tentang pembangunan keluarga berencana, dimana akan terbentuk Bina Keluarga Balita (BKB), Bina Keluarga Remaja (BKR), Bina Keluarga Lansia (BKL), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS) dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R). 

“Program-program tersebut semuanya bertujuan untuk mensejahterakan masyarakat desa," ungkapnya. 

Maka dari itu, dengan terwujudnya kampung KB dan keluarga sejahtera diharapkan Kabupaten Tuban nantinya dapat meraih penghargaan Manggala Karya Kencana ditingkat Nasional. Pada kesempatan itu, dilakukan juga penyerahan Profil Manggala Karya Kencana dari Sekda Tuban kepada Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dan penyerahan Alat Teknologi Tepat Guna (ATTG) dari kepala perwakilan BKKBN kepada Kepala UPPKS Kampung KB desa Ketambul Kecamatan Palang.

Sekadar diketahui, dalam acara tersebut turut dihadiri Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jatim, perwakilan Kodim 0811, 60 Kepala Desa (Kades) Program sasaran, 20 penyuluh Keluarga Berencana (KB).[hud/col]