Duet Kiai Kholil-Mustain Syukur Kembali Pimpin NU

Reporter: Sri Wiyono

blokTuban.com – Sesuai prediksi KH Mustain Syukur tak terbendung untuk kembali memimpin Nahdlatul Ulama (NU) Tuban. Dalam sidang pleno pemilihan ketua tanfidziyah, Mustain terpilih secara aklamasi setelah seluruh MWC mengusulkan namanya untuk dipilih menjadi ketua tanfidziyah masa khidmat 5 tahun mendatang.

Terpilihnya Mustain, juga diterima dan disetujui Rais Syuriah terpilih KH Kholilurrohman. Sehingga, duet tokoh tersebut kembali memimpin warga nahdliyin kurun 5 tahun mendatang. Sebab, sebelumnya, Kiai Kholil dan Mustain Syukur adalah Rais Syuriah dan ketua Tanfidziyah pada periode sebelumnya.

Pemilihan ketua tanfidziyah tidak berlangsung lama. Pimpinan sidang Misbahul Munir dari PW NU Jawa Timur meminta tahapan pemilihan ketua dilaksanakan. Yakni tahapan pengusulan kandidat baru kemudian pemilihan.

Tahap ini, masing-masing ketua majelis wakil cabang (MWC) atau pengurus NU di tingkat kecamatan yang mewakili pengurus ranting (tingkat desa) di bawah MWC nya mengusulkan satu nama sebagai bakal calon. Ada 20 MWC yang memiliki hak mengusulkan tersebut sebagai wakil dari 460 ranting. Setelah semua usulan masuk, pimpinan sidang kemudian membacakan nama yang diusulkan para ketua MWC tersebut. Hasilnya, 20 MWC yang mewakili 460 ranting itu bulat mengusulkan Mustain Syukur.

Karena hanya ada satu nama yang diusulkan untuk dipilih, maka pimpinan sidang kemudian meminta persetujuan peserta pleno untuk memilih Mustain Syukur. Semua peserta menyetujui, sehingga tokoh asal Montong itu ditetapkan sebagai ketu tanfidziyah. Lalu, nama Mustain itu ditawarkan pada Rais Syuriyah terpilih, dan ternyata juga diterima.

Setelah terpilih, Mustain Syukur juga menyatakan kesediaannya untuk menjadi ketua tanfidziyah. Di depan para peserta konfercab, Mustain menyatakan akan melaksanakan tugas berdasarkan ketentuan dan qonun asasi NU.

Ketua panitia konfercab Didik Purwanto menyatakan syukur dan terimakasih pada semua pihak karena konfercab berjalan dengan lancar. ‘’Alhamdulillah semua lancar. Terimakasih atas dukungan dan bantuan semua pihak,’’ katanya.[ono]