19:00 . Banjir Rob Terjang 5 Kecamatan, BPBD: Kami Lakukan Penanganan Sementara   |   18:00 . Sengketa Tanah di Desa Tuwiri Wetan, Ini yang Dilakukan Pengadilan Negeri Tuban   |   17:00 . Seniman Internasional Ikuti Pameran Drawing SMK TJP Tuban   |   16:00 . Bukan Kelas Inspirasi Biasa, Pimpinan Daerah Tuban Beri Motivasi 200 Siswa untuk Meraih Cita-citanya   |   15:00 . Razia Narkoba Dadakan, Petugas Malah Temukan Obeng hingga Baterai Milik Napi Lapas Tuban   |   14:00 . Tidak Ada Tanggul Pemecah Ombak, Gelombang Tinggi Rusak Rumah Warga Pesisir Tuban   |   13:30 . Kondisi Banjir ROB Tuban   |   13:00 . Indonesia dan Jepang Bahas Pengembangan Ekonomi Kawasan, Apa Goalnya?   |   12:00 . Begini Cara Polres Tuban Kembalikan Kondisi Psikologis Anggotanya Pasca Ops Ketupat Semeru   |   11:00 . Pulihkan Ekonomi Dunia, Mendag Serukan Kembali ke Perdagangan   |   10:00 . BMKG Tuban Imbau Masyarakat Tidak Beraktivitas di Pesisir Pantai!   |   09:00 . Banjir Rob Terjang Pesisir Kabupaten Tuban, BMKG Prediksi Hingga 25 Mei   |   08:00 . Hati-hati! Orang Dewasa Muda Dengan Pradiabetes Lebih Besar RIsiko Alami Serangan Jantung   |   18:00 . Perlu Sinergi Indo-Pasifik dengan ASEAN BANGKOK   |   17:00 . 333 Warga Nahdliyin Tuban yang Kesulitan Membaca Dapat Kacamata Gratis   |  
Wed, 25 May 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Petani di Perbukitan Bu?san Mulai Olah Lahan

bloktuban.com | Sunday, 19 August 2018 13:00

Petani di Perbukitan Bu?san Mulai Olah Lahan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Meskipun bulan Agustus ini tengah berada pada musim kemarau, di mana lahan yang jauh dari jangkauan sumber mata air ditinggalkan begitu saja oleh pemiliknya, namun tak sedikit petani telah bersiap diri menyambut musim penghujan.

Para petani pemilik lahan di perbukitan Busan ini misalnya. Pada kesempatan kali ini, Wartiah beserta keluarga dekat yang juga memiliki lahan sekitar perbukitan Busan, Desa Kepohagung, Kecamatan ‎Plumpang mulai mengolah tanah berkontur batuan kapur itu.

"Ini hari pertama kita bersama olah lahan lagi. Ya, untuk siap-siap tanam jagung besok pas musim hujan," ungkap Wartiah kepada blokTuban.com, Minggu (19/8/2018).

Perempuan asal Dusun Galeh, Desa Ngrejeng, Kecamatan Grabagan tersebut menambahkan, adanya persiapan buka lahan seperti pembuatan lubang tanam jagung berikut penyuburan kandungan tanah, memakai pupuk kotoran hewan dimaksudkan demi mempermudah proses tanam jagung mendatang.

‎Dia percaya, datangnya musim penghujan yang biasanya datang pada periode sekitar bulan September hingga Maret, akan terasa lebih tenang ketika segala persiapan telah diupayakan.

Hal itu ditunjukkan dengan semangat mereka, dari wilayah asalnya Galeh-Ngrejeng sampai di perbukitan Dusun Penebusan, Kepohagung-Plumpang, mereka berangkat bersama 10 orang mengendarai mobil pick up sekaligus memuat 20 karung penyubur tanah.

"Nanti, kalau pas musim hujan sudah datang, kita tinggal tanam jagung dan gak repot terburu-buru," imbuhnya.

Di samping itu, perubahan musim beberapa tahun ini yang tak bisa ditebak kapan periode kemarau dan penghujan berlangsung, Wartiah dan petani lain tetap optimis akan proses awal olah lahan itu.

"Datangnya hujan kalau gak September ya bulan depannya lagi. Usaha kita ya kerja gini dulu, biar nanti pas tanam jagung bebannya ringan, nggakgak ngoyo‎," tutupnya sembari melanjutkan aktivitas. [feb/ito]

Tag : olah, lahan



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more