15:00 . Bupati Halindra Tantang Atlet Tenis Meja   |   14:00 . PTMSI Gelar Kejuaraan Tenis Meja Porkab VI Tuban   |   13:00 . Nyaris Tertimpa Warung yang Ambruk   |   12:00 . Kades Tegalbang Minta Ada Riset, DLH: Peta Gas Tuban hanya di Sumber Merakurak   |   11:00 . Ketiga Kalinya Gas Keluar dari Galian Sumur Warga Desa Tegalbang   |   10:00 . Lebih Hemat Pakan, Peternak Lele di Tuban Berbagi Trik ke Pemula   |   09:00 . Manfaatkan Tradisi Ritual di Makam Wali untuk Kampanye Vaksinsasi   |   08:00 . Update Corona di Tuban Tambah 3 Kasus Positif Baru   |   07:00 . Benarkah Media Sosial Bikin Empati dan Rasa Tulus Masyarakat Berkurang?   |   21:00 . Langganan Banjir, Ini Kata Perangkat Desa Magersari   |   20:00 . Banjir di Pusat Kota Tuban, Bupati Sebut Sudah Ada Penanganan Konkrit   |   19:00 . Dam Deker Jebol, Puluhan Rumah Warga Simo Terendam Banjir   |   18:00 . Efektif, Kampanye Vaksin Saat Ritual Dawetan Bejagung   |   17:00 . Desa Klutuk Tambakboyo Diterjang Puting Beliung, Bangunan Rumah hingga Warung Hancur   |   16:00 . Surati Gubernur Jatim, Buruh Tuban Tolak Penerapan PP 36 Tahun 2021 di UMK 2022   |  
Sat, 27 November 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

HUT RI ke-73

Upacara di Gunung Nggalang, Tak Mudah Gerakan Pemuda Desa

bloktuban.com | Friday, 17 August 2018 16:00

Upacara di Gunung Nggalang, Tak Mudah Gerakan Pemuda Desa

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - ‎Penghormatan atas jasa pahlawan yang rela mempertaruhkan segalanya demi kemerdekaan Republik Indonesia, menjadi latar belakang tersendiri bagi para pemuda Karang Taruna (Kartar) Sinom Satrio, Desa Sumberjo, Kecamatan Widang, Kabupaten Tuban untuk menggelar upacara di tempat berbeda dari masyarakat pada umumnya.

Berada di Gunung Nggalang, sekitar area Perhutani Tuban, bendera sang Merah Putih dengan ukuran panjang 5,70 meter dan lebar 2,80 meter membentang usai dikibarkan pada sebilah pohon bambu setinggi 15 meter.

Meskipun sempat melewati medan terjal, naik turun jalan berbatu menuju gunung sekitar satu kilometer lebih dari pusat pemerintahan desa, terbayar sudah kelelahan mereka saat berhasil mengibarkan bendera.

Bocah-bocah usia sekolah dasar, serta ratusan pemuda setempat larut dalam pelaksanaan upacara ‎bendara dengan diiringi lantunan lagu Indonesia Raya oleh seluruh peserta, mengiringi prosesi pengibaran Merah Putih.

Mengheningkan Cipta dan lagu Bagimu Negeri semkin membawa khusuk, lengkap dengan sajian lanskap persawahan sejauh mata memandang yang mendukung.

Kendati begitu, dibalik kebersamaan pemuda yang kompak menggerakan lingkungan, juga terdapat sebuah histori perjalanan ‎tentang bagaimana mereka menapaki proses-proses sebelumnya.

Pemuda setempat, Nurul Priyanto mengatakan, bahwa agenda pengibaran bendera merah putih di puncak Gunung Nggalang sudah ke-3 kali terselenggara dengan lancar. Namun demikian, suasana yang terlihat pada Jumat (17/8/2018) pagi ini, sungguh membuat hatinya bangga. Sebab antusias pemuda terus meningkat, demi menghormati jasa pendahulu bangsa.

"Dulu, tahun pertama hanya dengan 10 orang kita upacara di sini," ungkap Nurul Priyanto yang juga sebagai Sekretaris Kartar Sinom Satrio.

Berkat komitmen bersama menggerakkan pemuda desa supaya kompak dan terus menjadi lebih baik, pada pelaksanaan tahun ke-2 sudah ada 50 orang yang mau diajak kompak bersama.

"Sebagai pemuda, bagaimana pun juga harus bisa menggerakan kaki dan tangan ‎supaya pemuda sekitar bisa gotong royong memberikan yang terbaik untuk bangsa," pungkas lelaki lulusan Universitas Surabaya, Jurusan Teknik Elektro itu kepada blokTuban.com. [feb/rom]

Tag : hut ri, pengibaran bendera, gunung



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more