Wadpada! Gelombang Laut Jawa Timur Diperkirakan 2,5 Meter

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban mengeluarkan prakiraan kondisi cuaca maritim perairan Jawa Timur melalui akun resmi media sosial facebook hari ini, Rabu (18/7/2018). Tinggi gelombang diperkirakan mencapai 2.5 meter.

Untuk itu, agar dapat diantisipasi masyarakat, termasuk nelayan dan pelaku pelayaran. Masa berlaku prakiraan ini 19 Juli 2018, mulai pukul 07.00 Wib selama 24 jam.

"Tinggi gelombang di laut Jawa bagian timur antara 1.3-2.5 m dan di Samudra Hindia selatan Jatim antara 2.5-6.0 m," tulis BPBD Tuban, Rabu (18/7/2018).

Arah angin dominan dari arah Timur-Tenggara. Sedangkan kecepatan angin maksimum di Laut Jawa bagian timur sebesar 25 knots (45 km/jam) dan di Samudra Hindia selatan Jatim sebesar 35 knots (63 km/jam).

Cuaca secara umum diprediksi berawan. Untuk itu masyarakat diharapkan selalu waspada menyikapi rilis yang berasal dari BMKG Maritim Perak Surabaya itu.

"Mohon diwaspadai tinggi gelombang mencapai 2.5 m di Laut Jawa bagian timur dan Perairan Kepulauan Masalembu, Bawean dan Kangean, serta lebih dari 4.0 m di Perairan selatan Jatim dan Samudra Hindia selatan Jatim," imbuh BPBD. [rof/rom]