Sempat Viral, Petugas KPPS Kenakan Kostum Mirip Puti, Kini Sudah Ganti Pakaian

Reporter: Mochamad Nur Rofiq

blokTuban.com - Selama masa kampanye pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Timur, masing-masing pasangan calon memiliki ciri khas tersendiri, khususnya dalam hal pakaian. Khofifah Indar Parawans (Khofifah)-Emil Dardak (Emil) terkenal dengan kemeja baju putih kerudung putih dan kemeja putih songkok hitam. Sementara Syaifullah Yusuf (Gus Ipul) - Puti Guntur Sukarno (Puti) populer dengan kemeja putih dan peci hitam dengan baju putih kerudung merah.

Di beberapa grup WhatsApp ramai memperbincangkan petugas dari Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Desa Sidohasri, Kecamatan Kenduruan yang menggunakan pakain mirip calon Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Timur (Jatim) nomor urut dua, Puti. Di dalam broadcast media sosial ini, berupa foto tiga wanita menggunakan kerudung merah dan baju putih, yang kerap digunakan Puti.

Saat dikonfirmasi blokTuban.com di lokasi, Ketua TPS 2 Desa Sidohasri, Sugihartono menuturkan penggunaan kerudung merah ini secara kebetulan. Pihaknya sama sekali tidak menganjurkan untuk memakai kerudung merah dan baju putih tersebut.

"Tidak ada unsur apa-apa, juga bukan anjuran kami," kata Ketua TPS yang berlokasi di Dusun Balong, Desa Sidohasri tersebut, Rabu (27/6/2018).

Sementara itu, anggota pengawas Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Timur (Pilgub Jatim), Suharwanto mengatakan, pakaian yang dipakai anggota KPPS ini tidak dipermasalhkan. Sebab, tidak ada tanda yang memuat nama, foto pasangan calon atau nomor urut pasangan calon.

Kendati begitu untuk menghindari kegaduhan pihaknya telah koordinasi dengan pihak Penitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Sidohasri. Hasilnya, petugas yang kedapatan memakai busana khas Cawagub nomer urut dua itu telah ganti busana.

"Kita sudah koordinasi dengan PPS, untuk mengganti kerudung. Saat ini pakai kerudung hitam," tandasnya.

Pantauan blokTuban.com di lokasi, tiga petugas perempuan ini sudah memekai kerudung hitam dan baju berwarna putih. Sementara pencoblosan berlangsung tertib. [rof/col]