Demam Piala Dunia, Petugas TPS di Bangunrejo Gunakan Kostum Bola

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com -‎ Momen pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Jawa Timur (Jatim) 2018 yang bertepatan dengan euforia event Piala Dunia yang dihelat di  Rusia, rupanya juga berdampak pada prosesi Pemilihan Gubernur (Pilgub). 

Demam piala dunia pun dipadukan dengan agenda pesta demokrasi saat proses pencoblosan. Hal tersebut tergambar pada petugas yang berkostum bola bak pemain sepak bola yang tengah sibuk menyiapkan Pilkada‎.

‎Seperti yang terlihat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 6 RT/RW 05/06 Desa Bangunrejo, Kecamatan Soko. Tampak tujuh orang petugas dari Kelompok Panitia Pemungutan Suara (KPPS), meliputi 5 orang lelaki dan 2 orang perempuan berkostum sepak bola warna hijau, lengkap dengan sepatu berikut aksesoris bola menghiasi TPS tersebut.

"Ini kan juga bertepatan momen piala dunia‎, jadi kita terapkan konsep ini usai rapat KPPS," ujar Cahyono Puput, selaku petugas KPPS 6 kepada blokTuban.com, Rabu (27/6/2018).

‎Dia juga menambahkan bahwa booming piala dunia saat ini merupakan kolaborasi yang tepat untuk memikat warga agar lebih antusias datang ke TPS, dan menyalurkan hak suaranya.

Petugas lain, Wahaji Ismail juga menambahkan, adanya konsep unik yang diterapkan KPPS setempat diharapkan ‎bisa menekan Golput yang ada di desanya, khususnya warga disekitar TPS 6.

"Untuk menarik minat masyarakat. Partisipasi warga dalam Pigub agar meningkat, ‎dan tak ada Golput lagi," ujar lelaki yang juga sebagai Ketua Karang Taruna Desa Bangunrejo itu.

Sementara itu, Heni Anawati salah satu Panitia  Pengawas Kecamatan (Panwascam) Soko yang bertugas sebagai pengawas di sana menuturkan bahwa konsep para pemuda yang unik itu sah-sah saja untuk memikat minat warga.

"‎Ide-ide dan gagasan unik ini sangat bagus. Untuk meningkatkan minat masyarakat datang ke TPS, petugas pemungutan suara berkostum bola, itu kreatif. Ada juga doorprize yang disediakan panitia di KPPS ini," ungkapnya.

Selain berkostum bola dan aksesori pernik tentang bola, KPPS 6 juga menyediakan hadiah hiburan yang bisa didapat oleh warga beruntung usai melakukan pencoblosan. Hadiah-hadiah menarik itu meliputi alat kebutuhan rumah tangga, hanger, sapu, sandal jepit, tempat sampah, puluhan hadiah lain,berikut hadiah utama satu ekor ayam jago. [feb/col]