15:00 . Bupati Blora Ziarah ke Makam Tjitrosoman Tuban   |   11:00 . Wacana Difabel Tuban, Terima PKH, Ruang Kreasi, dan Diantar Jemput ke Sekolah   |   10:00 . Bupati Tuban Halindra akan Buat Cekungan di Bekas Galian Tambang   |   09:00 . Kepergok Curi Karet Bekas Belt Conveyor Milik PT. SBI, Dua Warga Sekitar Perusahaan Ditangkap   |   08:00 . Pelajar Tuban Peduli Korban Semeru, Mulai Salat Gaib hingga Galang Dana   |   07:00 . Cara Atasi Lemas dan Ngantuk Habis Sarapan Menurut Ahli Gizi   |   20:00 . Wamendag: Revitalisasi Pasar Rakyat Perkuat Pemulihan Ekonomi Nasional   |   19:00 . Merantau di Tuban, Residivis Asal Jepara Ini Nekat Gondol Motor Temannya   |   18:00 . Peduli Korban Semeru, Pelajar Tuban Salat Gaib dan Galang Dana   |   15:00 . Overkapasitas, Lagi-lagi Lapas Tuban Terima Pindahan 20 Napi Narkoba   |   14:00 . Suhada Erwin Resmi Jabat Dandim 0811 Tuban   |   13:00 . 7 Kali Dipenjara, Warga Merakurak Lagi-lagi Gasak Handphone Tetangga   |   12:00 . Lepas Sambut Dandim 0811 Tuban, Bupati Halindra Ungkap Kenangan Manis Bersama Viliala Romadhon   |   07:00 . 2 Kesalahan Pola Asuh yang Sering Dilakukan Orangtua Zaman Now   |   20:00 . Pemkab, Salurkan Bantuan untuk Korban Gunung Semeru   |  
Thu, 09 December 2021
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Camat Soko: Tak Memilih, Tak Punya Pemimpin

bloktuban.com | Wednesday, 27 June 2018 14:30

Camat Soko: Tak Memilih, Tak Punya Pemimpin

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - ‎Fakta klasik dalam sebuah pesta demokrasi, terkhusus pemilihan umum (pemilu) seperti pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Timur (Jatim) ini rupanya masih ada terdapat Golongan Putih (Golput) di beberapa wilayah Kabupaten Tuban yang menyia-nyiakan hak suaranya.

Banyak asumsi berikut sebab-sebab terjadinya sebuah tindakan G‎olput beredar di kalangan umum. Pihak-pihak penyelenggara beserta pendukung, baik dari panitia pemilu maupun dengan Forpida, Forpimcam hingga lingkup desa bersatu padu mensukseskan Pilgub Jatim 2018 ini. Salah satunya dengan memberikan doorprize kepada ‎warga yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) dan hadir di Tempat Pemungutan Suara (TPS) di desa yang menyediankannya.

Menekan terjadinya Golput warga, di wilayah Kecamatan Soko ‎sendiri banyak TPS maupun KPPS yang menyediakan doorprize yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih dalam Pilgub Jatim.

"Dalam Pilgub, Pilbup dan Pileg itu beda peminatnya. Maka dari itu, inisiatif dari TPS, KPPS di beberapa desa yang‎ memang mempunyai inovasi memberikan doorprize kepada pemilih untuk menarik minat," ujar Camat Soko, Suwito ketika dijumpai blokTuban.com siang tadi, Rabu (27/6/2018).

Tujuan agar warga tertarik dan datang menyalurkan hak suaranya, ‎sambung Camat, rupanya hal itu jelas terlihat perbandingannya antara desa-desa yang memberikan doorprize dengan TPS yang terkesan biasa saja.

"Hasilnya memang beda dengan TPS yang gak ada hadiahnya. Doorprize bisa meningkatkan daya minat warga untuk memilih," tambahnya.

Dengan adanya peningkatan itu, secara otomatis bisa disimpulkan bahwa masyarakat memiliki pemikirin yang selangkah lebih maju turut andil dalam demokrasi, khusunya Pilgub Jatim 2018.

‎"Kewajiban masyarakat yang mem‎punyai hak pilih, tetap harus datang. Tak boleh golput, karena ini tentang memilih pemimpin.‎ Kalau tidak memilih, berati tak punya pemimpin dong‎," tandas Camat Soko. [feb/rom]

Tag : camat soko



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more