17:00 . IKA PMII Tuban Gelar Raker, Berikut Program Prioritasnya   |   15:00 . Ini Perbandingkan Jumlah Jabatan Kosong SOTK Lama dan Baru di Tuban   |   14:00 . Kadinkes Belum Tahu Jumlah Warga Tuban Penerima Vaksin Booster Covid-19   |   13:00 . DPRD Kecewa, Pemkab Telat Beri Data Rapor Kinerja ASN Non Job   |   12:00 . Konsisten Selama Lima Tahun, NFT Foto Selfie Ghozali Terjual Hingga Miliaran   |   10:00 . Berikut Cara Agar Tanaman Hidroponik Tumbuh Subur   |   07:00 . Hubungan Toksik dan Ciri-Cirinya   |   12:00 . Cicipi Lezatnya Olahan Becek Mentok Pedas Khas Tuban Yang Getarkan Lidah   |   11:00 . Musim Hujan Jadi Tantangan Utama Pengrajin Gerabah Tuban   |   10:00 . Tingkatkan Kapasitas SDM, IAINU Tuban Gelar Bimtek Pengelolaan Kampus   |   09:00 . Sit With Emotion, Salah Satu Cara Memanajemen Quarter Life Crisis   |   08:00 . Terima Asimilisasi, 20 WBP Bisa Jalani Hukuman di Rumah   |   08:00 . Terima Asimilisasi, 20 WBP Bisa Jalani Hukuman di Rumah   |   07:00 . Pengaruhi Tumbuh Kembang Anak, Ini 6 Tanda Pola Asuh Anda Buruk!   |   18:00 . Tahun Ini, BUMDes Compreng Rencanakan Tambah Unit Usaha   |  
Sun, 16 January 2022
Jl. Sunan Muria no 28, Kelurahan Latsari, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Email: bloktuban@gmail.com

Minim Petani Muda, Iswanto Ajak Pemuda Bertani

bloktuban.com | Wednesday, 20 June 2018 11:00

Minim Petani Muda, Iswanto Ajak Pemuda Bertani

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Di era milenial saat ini, banyak kawula muda lebih cenderung sibuk dengan urusan gadget dan perkembangan zaman kekinian. Tak dipungkiri lagi, tahun demi tahun kapasitas petani usia muda kian terkikis oleh zaman. Minat pemuda untuk bertani tergeser dengan berbagai mode dan gaya hidup yang mempengaruhi.

Di samping itu, biaya proses tanam kian naik, disertai harga sewa lahan semakin tinggi juga menjadi faktor-faktor penunjang minat pemuda untuk bertani. Dari hal tersebut, muncullah gerakan sejumlah petani muda di Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang yang peduli dengan pemuda, khususnya di bidang pertanian.

Pemuda-pemuda yang berusia antara 25 hinga 30 tahun itu terus berusaha mengajak pemuda di sekitarnya untuk terjun kepanjangan, yakni ke sawah agar bisa melihat potensi yang bisa digali dan dikembangkan dari tanah yang subur tersebut.

"Kurangnya minat bertani bagi pemuda adalah soal lahan. Minimnya lahan bagi anak-anak muda petani kecil dan mahalnya biaya tani ini yang menjadi kendala yang sangat mendasar selama ini," papar petani muda di Desa Bandungrejo, Kecamatan Plumpang, Moh. Iswanto (25) kepada blokTuban.com.

Dengan bertani dan mengolah lahan dengan berbagai tanaman, Iswanto bersama 6 orang petani muda desa setempat terus berupaya memikat para pemuda lewat aktivitas pertanian berikut hasil pengembangannya.

Para petani muda yang perlahan sadar akan potensi pertanian ditangannnya, berharap agar semakin hari dan tahun-tahun yang akan datang petani muda di wilayahnya semakin banyak. Adanya petani yang berusia muda, tentunya akan memunculkan terobosan-terobosan baru yang lebih kreatif dan inovatif.

"Kami berharap kepada semuanya, khususnya pemerintah Kabupaten Tuban supaya lebih peduli lagi dengan petani muda. Dari pandangan kami, minat pemuda untuk bertani sangatlah minim," imbuhnya.

Fungsi dari pada pengembangan sektor pertanian bisa menentukan kapasitas kesejahteraan masyarakat. Mengingat lagi, sebagian besar masyarakat di wilayah Kabupaten Tuban bermata pencaharian sebagai petani. Petani sebagai penyumbang dan pahlawan devisa negara dari kalangan menengah ke bawah.

"Mencoba berusaha terus. Jika yang tua sudah tak ada, terus yang muda gak mau bertani, siapa lagi yang bakal meneruskan bidang pertanian ini," pangkasnya mengingatkan. [feb/ito]

Tag : petani, muda, tuban



* Ingin Beli / Transaksi, Klik di Bawah Ini

Logo WA Logo Telp Logo Blokbeli

Loading...

PEDOMAN KOMENTAR

Ayo berpartisipasi membangun budaya berkomentar yang baik. Kolom komentar tersedia untuk diskusi, berbagi ide dan pengetahuan. Gunakanlah bahasa yang baik dalam berekspresi. Setialah pada topik. Jangan menyerang atau menebar kebencian terhadap suku, agama, ras, atau golongan tertentu.

Pikirlah baik-baik sebelum mengirim komentar.




blokTuban TV

Redaksi

Suara Pembaca & Citizen Jurnalism

Lowongan Kerja & Iklan Hemat

  • Saturday, 07 August 2021 14:00

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf

    Mahasiswa Demo Ijazah IAINU Tak Keluar, Rektorat Minta Maaf Aliansi alumni dan mahasiswa IAINU Kabupaten Tuban pada Sabtu (7/8/2021) pagi menggereduk gedung rektorat yang terletak di Jalan Manunggal Kelurahan Sukolilo, Kecamatan/Kabupaten Tuban. Kedatangan puluhan massa tersebut untuk menanyakan legalitas...

    read more