Daerah Perbatasan, Kades Menilo Harap JUT Ditingkatkan

Reporter: M. Anang Febri

blokTuban.com - Daerah pertanian yang berada di Desa Menilo, Kecamatan Soko, Kabupaten Tuban yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Bojonegoro terbilang kurang mendapatkan perhatian khusus di bidang sarana dan prasarananya.

Walaupun jalan lingkar desa sudah bisa dikatakan baik, kendati demikian masih terdapat beberapa Jalan Usaha Tani (JUT) yang kurang memadai.

Ditemui blokTuban.com di sekitar lokasi jalan pertanian yang berada di daerah perbatasan kabupaten, Andri salah seorang pemuda setempat mengaku, jika telah lama akses persawahan menuju lingkungan warga tetap seperti ini. Dengan keadaan jalan tanah yang kering saat kemarau tiba.

"Jalannya tanah begini kalau hujan ya berubah jadi licin. Pas ngangkut panen jadi lumayan susah," ungkapnya kepada blokTuban.com, Selasa (3/4/2018).

Ditambahkan, jalan lingkungan pertanian itu merupakan jalan terdekat dari rumah warga. Adapun jalan yang sudah di paving, namun jika melewatinya harus berputar jalan, tiga kali lipat jauhnya ketimbang akses yang dilewati saat ini.

"Bukan hanya petani saja. Kadang jalanan ini juga sering dilewati anak-anak sekolah, untuk menempuh rute terdekat," pungkasnya.

Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa (Kades) Menilo, Mastukan juga terus berupaya untuk memperbaiki akses pertanian. Pihaknya berharap agar JUT ditingkatkan dan segera ditanggapi pemerintah, supaya bisa meningkatkan hasil pertanian.

"Karena mayoritas warga kami petani, harapan kami ya JUT segera ditingkatkan. Jika transportasinya lancar, harga dan hasil pertanian pasti bisa meningkat baik," ungkap Kades Menilo. [feb/rom]